kenali tanda bahaya kehamilan
waspadai tanda bahaya kehamilan
waspadai tanda bahaya kehamilan

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 1, 2 dan 3 – Masa kehamilan memang masa paling membahagiakan sekaliguas paling mendebarkan. Banyak yang harus dipikirkan dan diwaspadai selama menunggu kelahiran si buah hati. Sambil memikirkan tempat kelahiran, perlengkapan bayi dan nama bayi, bunda juga harus mengetahui dan mewaspadai tanda bahaya kehamilan yang bisa mengancam keselamatan janin.

Tanda bahaya kehamilan bisa terjadi kapan saja, baik di trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Ada beberapa tanda bahaya yang harus bunda ketahui diantaranya :

  • Pendaharan

Pendarahan adalah sesuatu yang paling ditakutkan oleh ibu hamil, jangan sampai ini terjadi pada bunda.

  • Gejala Preeklampsia : Bengkak di kaki, tangan dan wajah

Gejala preeklampsia biasanya ditandai dengan bengkak pada kaki, tangan dan wajah. Jika ini terjadi pada bunda, sebaiknya bunda segera melakukan pemeriksaan urine kepada dokter spesialis kandungan.

  • Keluar Air Ketuban

Keluar air ketuban umumnya terjadi pada trimester ketiga, secara normal ini biasanya menandakan bahwa bayi akan segera lahir. Tapi jika ternyata ini masih jauh dari HPL bunda, maka bunda harus segera memeriksakan ke bidan atau klinik terdekat.

  • Gerakan bayi perut berkurang

Gerakan bayi yang berkurang dan bahkan tidak bergerak sama sekali perlu diwaspadai, jangan tunggu terlalu lama. Segera periksa denyut jantung bayi kebidan terdekat.

  • Muntah berlebihan dan tidak bisa makan

Muntah memang umum terjadi pada ibu hamil di trimester pertama, rata-rata ibu hamil pasti mengalaminya. Tapi jika mual muntah ini dirasa sangat berlebihan dan mengakibatkan bunda tidak dapat mengkonsumsi makanan, maka perlu pemeriksaan ke dokter supaya bunda diperiksa lebih lanjut. Perlu diwaspadai bahwa muntah berlebihan juga sangat tidak baik bagi perkembangan janin.

  • Ibu cedera atau trauma pada bagian perut
olahraga ibu hamil
olahraga ibu hamil

Ibu hamil memang harus hati-hati, terutama dalam beraktifitas sehari-hari. Oleh karena itu ibu hamil dilarang menggunakan sepatu berhak tinggi dan melakukan olahraga berat karena dikhawatikan bisa terpeleset dan jatuh.

Lakukan senam kehamilan yang tepat dan terukur, jalan santai dan aktifitas ringan sangat baik selama kehamilan. Jika terjadi cedera atau trauma pada bunda, segera periksakan kondisi janin didalam perut, jangan sampai terjadi hal buruk pada janin.

  • Demam tinggi

Jika bunda mengalami demam tinggi dalam waktu lebih dari 3 hari, maka segera periksaka ke dokter, jangan berinisiatif untuk meminum obat sendiri tanpa resep dokter karena ini sangat berbahaya bagi janin. Demam tinggi dalam waktu lama dikhawatirkan jika ada infeksi sehingga perlu pemeriksaan lanjut oleh dokter.

  • Berat badan tidak naik

Normalnya ibu hamil akan mengalami kenaikan badan sekitar 10kg selama masa kehamilan, ini tergantung kondisi masing-masing bunda. Tapi jika bunda sudah hamil pada trimester kedua dan tidak mengalami kenaikan berat badan, maka ini perlu diwaspadai. Periksakan dan konsultasikan kedokter, jangan sampai janin dalam kandungan kekurangan nutrisi dan mengalami keterlambatan perkembangan janin.

  • Kelainan letak janin

Kelainan letak janin umumnya bisa diketahui ketika kehamilan sudah di trimester ketiga akhir. Ini sering terjadi pada ibu hamil yang kurang bergerak atau beraktifitas. Umumnya bidan atau dokter akan menyarankan kepada bunda untuk sering-sering menungging atau mengepel lantai sepaya kondisi janin bisa ke posisi ideal. Ingat, kelainan letak janin menjadi salah satu penyebab bunda tidak bisa melahirkan normal dan akhirnya harus di caesar.

  • Sakit ketika buang air kecil

Nyeri ketika buang air kecil pada ibu hamil memang sedikit lumrah karena banyak yang mengalaminya, tapi jika ini dirasa berlebihan maka bunda wajib berkonsultasi ke dokter ketika melakukan periksa rutin. Perlu diketahui bahwa sakit berlebihan ketika buang air kecil dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

  • Kontraksi

Kontraksi di masa-masa mendekati HPL mungkin itu tanda bahwa bunda akan melahirkan, tapi jika kontraksi ini terjadi jauh dari HPL, maka ini sangat perlu diwaspadai, ini bisa menjadi tanda bahwa bunda akan melahirkan prematur. Segera periksakan ke dokter supaya dapat diambil langkah yang tepat.

  • Nyeri pada perut , kepala pusing dan gangguan penglihatan

Perubaha hormon pada ibu hamil memang dapat menyebabkan perut nyeri, kepala pusing dan penglihatan terganggu. Namun jika tiga gejala ini berlangsung bersamaan, dalam waktu yang lama dan bahkan menyebabkan pingsan, maka harus segera diperiksakan karena ini bisa menjadi salah satu indikasi preeklampsia.

  • Flu

Flu merupakan virus yang menyerang daya tahan tubuh, oleh sebab itu ibu hamil perlu menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran supaya daya tahan tubuh kuat. Flu yang terlalu lama juga dapat mengganggu perkembangan janin. Minum air putih yang banyak, makan makanan yang baik untuk ibu hamil dan lakukan senam kehamilan supaya bunda selalu bugar.

Peristiwa kehamilan memang peristiwa kehidupan yang luar biasa, butuh perjuangan dan kerja sama dari kedua calon orang tua. Selain itu selama masa kehamilan sangat penting untuk selalu mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa karena kehamilan adalah misteri keajaiban yang kita alami dalam kehidupan manusia. Selain mengenal tanda bahaya kehamilan, bunda juga harus mengetahui larangan selama masa kehamilan yang wajib dipatuhi oleh ibu hamil.

, , , , , , , , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com