Kehamilan bulan pertama
sel sperma menuju ke sel telur
sel sperma menuju ke sel telur

Tahap Perkembangan Janin Bulan Pertama – Halo bunda, apakah bunda merasa lemas, mual, mutah, dan tidak enak badan seperti masuk angin? Coba diingat tanggal terkahir datang bulan kapan? Jangan-jangan bunda hamil lho, coba segera lakukan pengecekan deh. Karena kali ini kita akan membahas tentang tahap perkembangan janin didalam kandungan di bulan pertama.

Janin didalam kandungan usia 1 bulan itu tentu secara fisik belum terlihat, bahkan banyak diantara bunda yang belum mengetahui kalau sesungguhnya bunda sudah berbadan dua karena mungkin tidak merasakan mual muntah, sehingga masih banyak yang melakukan aktifitas fisik seperti biasa.

Usia kandungan seorang wanita itu tidak dihitung dari tanggal menikah atau tanggal melakukan hubungan, tetapi dari tanggal pertama datang bulan terakhir kali. Jadi jangan kaget jika misal bunda atau orang lain yang menikah tanggal 20 Agustus, terus datang bulan terakhir diawali tanggal 1 Agustus, kemudian saat dilakukan USG pada tanggal 15 September ternyata usia kandungan sudah berumur 6 minggu. Itu bukan berati kalau hamil duluan sebelum nikah ya bunda, tapi memang karena kehamilan dihitung dari tanggal 1 Agustus dimana hari pertama datang bulan terakhir kali.

Minggu Pertama Kehamilan

Minggu pertama belum ada janin, karena kemungkinan belum ada pembuahan. Jadi tentu belum ada perkembangan janin di minggu pertama kehamilan ini. Yang perlu diperhatikan adalah persiapan bunda untuk mempersiapkan kehamilan dengan menjaga kebugaran dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Asam folat sangat penting bagi bunda di minggu pertama kehamilan ini.

Bentuk fisik dan perut pun belum ada perubaha di minggu pertama ini, dan bunda pun tidak perlu keburu-buru ke bidan karena masih terlalu dini dan posisi kandungan pun belum ada janin. Akan lebih baik jika bunda mempersiapkan kesehatan bunda dengan melakukan tes kesehatan seperti :

  • Pap smear untuk mendeteksi penyebab apapun yang dapat mempengaruhi kemungkinan Anda hamil
  • Tes genetik untuk mendeteksi penyakit genetik apa pun yang dapat diwariskan ke bayi Anda. Penyakit-penyakit tersebut termasuk anemia sel sabit, thalassemia, dan penyakit Tay-sachs.
  • Tes darah untuk mendeteksi penyakit menular apa pun atau imunitas pada rubella dan cacar air. Ini akan menentukan apakah Anda perlu pengobatan atau imunisasi sebelum merencanakan kehamilan.

Selain itu bunda juga bisa melakukan vaksin untuk menjaga kesehatan selama kehamilan seperti vaksin : Vaksin Campak, Gondok, dan, Rubella atau Measles, Mumps, and Rubella (MMR),  Vaksin cacar dan Suntikan flu.

Minggu Kedua Kehamilan

Proses pembuahan
Proses pembuahan

Di usia kandungan 2 minggu ini kemungkinan janin sudah mulai terbentuk, karena ada kemungkinan sel telur sudah mengalami pembuahan. Pada kehamilan 2 minggu ini tubuh udah siap untuk dibuahi, artinya sel telur mulai dilepaskan dan siap untuk dibuahi. Lapisan kandungan Anda akan menebal untuk mempersiapkan tempat bayi Anda di dalam kandungan.

Jenis kelamin pun sebenarnya sudah mulai terbentuk sejak saat ini, tapi tentu belum bisa terlihat. Untuk melihat jenis kelamin janin umumnya baru terlihat melalui USG saat usia kandungan 15 minggu. Jenis kelamin ditentukan oleh kromosom dimana sel telur hanya memiliki satu kromosom yaitu X, sedangkan sperma memiliki kromosom  X dan Y. Jika kromosom yang terbentuk adalah XX maka akan terbentuk jenis kelamin perempuan, namun jika XY makan akan terbentuk jenis kelamin laki-laki.

Yang perlu diperhatikan di usia kandungan 2 minggu ini adalah merasakan apakah anda mulai merasakan mual, lemas, pusing dan ditambah dengan anda telat datang bulan. Jika seharusnya anda sudah datang bulan namun kok belum ditambah badan merasakan gejala kehamilan diatas, maka ada baiknya segera konsultasikan ke bidan atau dokter.

Minggu Ketiga Kehamilan

Secara umum biasanya usia kandungan tiga minggu pun belum dirasakan oleh bunda, namun pada usia ini janin sudah mulai tumbuh dan berkembang didalam kandungan. Telur akan terus mengalami pembelahan sel 30 menit setelah pembuahan, kemudian pembalahan sel terus berlanjut dari 2, 4, 8 , 16 dan seterusnya.

Perubahan bentuk di perut juga belum nampak dalam usia kandungan ini, hanya saja banyak diantara bunda yang mulai merasakan morning sick. Morning sick atau mual muntah ngidam disaat hamil itu tidak dialami oleh setiap bunda yang hamil, tapi 75% dari wanita hamil merasakannya.

Diusia kandungan 3 minggu ini setidaknya bunda sudah melakukan test sendiri dengan menggunakan test pack. Setidaknya bunda mulai harus berhati-hati dalam beraktifitas dan mulai menyiapkan mental lebih untuk kehamilan.

Minggu keempat Kehamilan

embrio
embrio

Pada minggu keempat kehamilan embrio sudah mulai terbentuk walaupun ukurannya masih sangat kecil, baru sekitar 2mm atau seperti biji kacang hijau. Kecil sekali bukan? Oleh karena janin yang masih kecil maka bentuk perut pun tentu juga belum berubah di minggu ke empat ini.

Diusia ini embrio melakukan implementsi atau penempelan pada rahim, kemudian setelah itu embrio akan memproduksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG) yang akan membantu menjaga dinding rahim.  Hormon ini jugalah yang memberitahukan ke indung telur untuk berhenti berproduksi, sehingga selama masa kehamilan bunda tidak akan mengalami datang bulan.

Hati-hati dengan bercak darah yang kadang muncul di usia kandungan 4 minggu ini, banyak yang mengira bahwa itu adalah bercak darah datang bulan, namun sebenarnya itu adalah bercak darah akibat dari proses implementasi embrio.

Segera lakukan pengetesan kehamilan menggunakan test pack, apalagi bila bunda sudah mulai merasakan pusing, kesemuatan, sering buang air kecil, menjadi sensitif terhadap bau, dan tidak nafsu makan. Dan bila hasil test pack menunjukkan positif, maka sebaiknya segera mulai melakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter supaya kehamilan mulai bisa di jaga dengan baik.

Demikian informasi tentang perkambangan janin di bulan pertama dari mulai minggu pertama, minggu kedua, minggu ketiga sampai minggu keempat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi bunda dan kandungan bunda.

, , , , , , ,
Latest Posts from Kompanesia.com