tahap perkembangan anak
perkembangan bayi baru lahir
perkembangan bayi baru lahir

Tahap Perkembangan anak Usia 0 Bulan

Tahap Perkembangan Anak Usia 0 – 12 dimulai sejak dia dilahirkan. Jangan dikira bayi yang baru lahir tidak memiliki kemampuan apa-apa, karena setidaknya ada 3 hal yang dapat dilakukan bayi yang baru lahir yaitu menangis, mengisap dan mencari puting susu ibunya. Luar biasa bukan? Itulah kemampuan alamiah bayi yang merupakan anugerah dari sang Pencipta.

Dimasa – masa ini bunda harus memperhatikan permasalahan yang kerap dialami bayi yang baru lahir dan bunda harus mengetahui cara merawat bayi termasuk tentang pantangan dan kebutuhan bayi yang baru lahir.

Tahap Perkembangan anak Usia 1 Bulan

Dari baru lahir sampai bayi berusia 1 bulan, bayi akan lebih banyak tidur hingga 16-18 jam sehari. Namun pada usia ini bayi belum bisa membedakan antara siang dan malam, jadi jadwal tidurnya bisa dikatakan belum teratur.

Oleh sebab itu jika bayi lebih banyak tidur disiang hari dan bangun di malam bahkan sampai dini hari, orang tua juga harus memaklumi dan harus mempesiapkan energi ekstra untuk begadang dan menemani si buah hati karena bunda harus sering mengecek apakah bayi pipis atau BAB, jangan sampai bokong bayi basah terlalu lama.

Tahap Perkembangan anak Usia 2 Bulan

Perkembangan di Usia 2 bulan ini yang sangat menonjol adalah di penglihatan dan pendengaran, dimana bayi sudah mulai belajar mendengar suara dan mulai merespon penglihatannya terhadap gerak. Selain itu perkembangan di usia ini yaitu bayi mulai belajar memiringkan kepala dan sedikit-sedikit belajar memiringkan badan.

Tahap Perkembangan anak Usia 3 Bulan

Tahap perkembangan bayi pada usia 3 bulan yaitu bayi mulai lebih baik dalam merespon melalui penglihatan dan pendengarannya, dan bayi juga sudah mulai bisa tertawa saat diajak bercanda. Selain itu bayi mulai bisa menggenggam walaupun belum bisa erat dan lama.

Tahap Perkembangan anak Usia 4 Bulan

tahap perkembangan bayi
tahap perkembangan bayi

Pada bulan ke Empat bayi mulai sangat lucu dan menggemaskan terutama saat diajak bercanda dan berbicara dengan orang lain terutama bundanya. Selain itu bayi juga mulai mengeksplore segala yang dia pegang dengan mulutnya, termasuk bayi mulai bisa memegang jempol kakinya dan memasukkanya ke mulut.

Untuk waktu tidur dari mulai usia 3 bulan bayi sudah mulai teratur, bayi sudah mulai bisa beradaptasi dan membedakan antara siang dan malam. Waktu tidurnya juga sudah mulai berkurang, tapi menjadi lebih sering.

Tahap Perkembangan anak Usia 5 Bulan

Pada usia 5 bulan bayi sudah mulai belajar mengoceh dan mengeluarkan suaranya. Respon terhadap benda yang dia lihat pun mulai berkembang baik dimana bayi mulai tertarik dan ingin meraih benda-benda kecil disekitarnya.

Untuk perkembangan fisiknya bayi sudah mulai belajar tengkurap walaupun kadang baru sebatas menggerakan kepala dan punggung dan belum kuat sampai benar-benar tengkurap, atau ada juga yang sudah bisa tengkurap tapi belum bisa telentang kembali dengan sendirinya.

Tahap Perkembangan anak Usia 6 Bulan

tahap perkembangan anak per bulan
tahap perkembangan anak per bulan

Tahap perkembangan diusia 6 bulan ini interaksi mulai berkembang baik, dia sudah mulai sangat mengenali antara ibunya, keluarga dan orang asing. Saat diajak bercanda atau bermain cilukba pun sudah sangat merespon dengan baik. Sudah mulai menangis jika ditinggal bundanya pergi dan tertawa jika tahu bundanya datang.

Untuk perkembangan fisiknya bayi usia 6 bulan juga sudah mulai bisa belajar duduk dan lancar dalam membalikan badan dari telentang, tengkurap dan telentang lagi.  Selain itu bayi juga sudah mulai bisa diajari menggemgam biskuit dan memakannya sendiri.

Tahap Perkembangan anak Usia 7 Bulan

Pada beberapa bayi, gigi sudah mulai tumbuh pada usia 7 bulan ini. Genggaman tanganya juga sudah semakin kuat dan sempurna antara kedua tanganya. Mulai betah dan senang jika diajak duduk, bahkan mulai jingkrak-jingkrak jika dibedirikan.

Sisi emosionalnya juga mulai tumbuh dimana jika telat memberi makan atau susu atau jika bangun tidur dan tidak langsung melihat bundanya maka bayi akan langsung menangis keras. Dan selain itu bayi juga mulai bisa mengulang kata-kata  seperti “ehh..ehh..” , “ba..ba..ba”.

Tahap Perkembangan anak Usia 8 Bulan

Perkembangan motorik bayi pada usia 8 bulan ini sudah semakin baik, dia mulai mampu memungut benda sendiri dan bahkan melepaskan sesuatu dengan sengaja. Bayi juga mulai mengenal nada antara berbicara atau marah.

Pergerakan gulang-gulung bayi mulai cepat dan sangat aktif, sehingga bunda harus ekstra waspada dan jangan pernah meninggalkan bayi dikasur sendiri karena dalam waktu singkat bayi bisa saja sampai dipinggir kasur dan bisa jatuh kelantai.

Tahap Perkembangan anak Usia 9 Bulan

Mulai siapkan ruangan yang luas dan aman untuk bayi usia 9 bulan ini, karena aktivitas fisiknya mulai sangat aktif. Bayi mulai bisa merangkak, mengeksplore seluruh mainan dan benda yang dia lihat. Singkirkan benda-benda yang berbahaya terutama yang tajam dan mengandung tegangan listrik.

Tahap Perkembangan anak Usia 10 Bulan

Secara kognitif bayi usia 10 bulan akan mengalami perkembangan dimana rasa ingin tahunya besar dan senang mengamati, maka sebaiknya orang tua membiarkan rasa keingintahuannya namun tetap dalam pengawasan.

Sedangkan secara kemampuan bicara, bayi usia 10 bulan juga sudah memiliki beberapa bendahara kata yang sering dia butuhkan seperti memanggil ayahnya, bundanya, kakek neneknya dan saudara kandungnya.

Secara emosional yang perlu diperhatikan adalah pada usia ini anak mulai mengenal rasa takut, jadi ini harus menjadi perhatian orang tua supaya mampu memberikat edukasi yang baik supaya anak tidak menjadi penakut.

Tahap Perkembangan anak Usia 11 Bulan

Tanggung jawab orang tua dalam hal mendidik anak terutama dari segi mental dan rohaninya mulai berperan pada usia ini. Mulai ajari anak ikut berdoa bersama dikeluarga, mulai perhatikan tingkah laku dan sopan santun orang tua karena anak mulai menjadi peniru yang ulung di usia ini.

Mulai ajari anak untuk memilih dan bertanggung jawab, misal anak meminta nonton tv, maka minta anak memberekan mainanya terlebih dahulu baru boleh menonton tv, atau boleh nonton tv tapi sambil makan sayur, dll.

Tahap Perkembangan anak Usia 1 Tahun

Perkembangan fisik anak 12 bulan umumnya memiliki berat sekiat 10 kg dan tinggi sekitar 70cm. Untuk kemampuan berjalan tiap-tiap anak berbeda, ada yang sudah mulai berjalan, namun ada yang baru sebatas bisa berdiri dan meminta ditetah.

Secara kognitif bayi sudah mulai bisa dikenalkan dengan bentuk, nama dan warna karena memorinya sudah mulai bekerja dengan baik. Tentu daya tangkapnya belum bisa cepat, tapi ini sangat membantu untuk melatih dan merangsang daya tangkapnya.

Secara emosional dan sosial bayi mulai bisa bersikap menerima atau menolak jika berada ditempat baru, bersama orang baru atau hal-hal baru. Maka mulai ajarkan anak bergaul kepada kawan-kawan dilingkungannya supaya dia mulai belajar bersosialisasi dengan baik.

, , , , , , , , , , ,
Latest Posts from Kompanesia.com