kehamilan bulan kedua
tahap kehamilan bulan kedua
tahap kehamilan bulan kedua

Tahap Perkambangan Janin Bulan Kedua – Perubahan hormon merupakan hal yang paling dirasakan oleh bunda diusia kandungan memasuki bulan kedua ini, bunda mulai sering merasakan mudah lelah dan akan mulai merasakan yang namanya morning sick, dan proses yang paling utama di masa kehamilan ini adalah berubahnya embrio menjadi janin. Embrio yang awalnya berukuran 2mm, di bulan kedua ini janin akan berkembang dan berukuran menjadi sekitar 1.6 cm.

Kehamilan bulan kedua ini berati usia kandungan dari bulan kelima sampai bulan kedelapan. Dalam usia kandungan dua bulan ini janin mulai berkembang pesat namun kondisi perut juga belum seberapa terlihat membesar. Yang perlu diketahui bahwa sebenarnya diusia kehamilan bulan kedua ini banyak sekali proses yang terjadi di dalam kandungan.

kehamilan dua bulan
kehamilan dua bulan

Perkembangan Janin Minggu Kelima

Pada usia kandungan minggu kelima ini ukuran janin sudah seperti biji wijen dan mengandung banyak sekali jumlah sel. Pada masa ini sumsum tulang belakang sudah mulai terbentuk sepanjang embrio, kemudian berlanjut membentuk otak dan berkembang juga membentuk jantung.

Untuk perubahan bentuk tubuh belum seberapa terlihat perubahannya, tapi yang paling berubah dari bunda justru pada mood. Diusia 5 minggu ini bunda akan merasakan emosi yang tidak stabil, bahkan ada yang sampai depresi. Oleh karena itu diperlukan kesabaran dan kesadaran dari bunda bahwa ini memang proses yang harus dihadapi dan tetap harus disyukuri.

Olahraga ringan juga diperlukan untuk usia kehamilan 5 minggu ini untuk menjaga kebugaran dan membuat tubuh lebih berenergi. Selain itu olahraga ringan juga dapat membantu menghilangkan stres, rasa sakit dan memberikan rasa segar dan nyaman.

Perkembangan Janin Minggu Keenam

Perkembangan janin pada minggu keenam ini sangat cepat, dimana otak dan saraf juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Telinga sudah mulai terlihat, mata sudah mulai terlihat, sistem pernapasan dan pencernaan pun mulai terbentuk diusia ini. Selain itu detak jantung pun mulai dapat di deteksi.

Seharusnya diusia 6 minggu ini tanda-tanda kehamilan sudah semakin terasa dibanding mingu-minggu sebelumnya. Oleh karena itu ada beberapa cara yang perlu anda perhatikan antara lain :

  • Belajar Minta Tolong. Mulai usia janin 6 minggu ini sebaiknya anda mulai sering dan tidak sungkan meminta tolong kepada suami, keluarga atau siapa saja untuk membantu anda melakukan pekerjaan yang berat.
  • Istirahat yang cukup. Kondisi badan bunda akan menurun dan mudah lelah, oleh karena itu bunda harus lebih banyak beristirahat supaya tidak kelelahan.
  • Makan teratur dan bernutrisi. Ini sangat penting karena janin dalam kandungan bunda sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup supaya tumbuh kembangnya maksimal.
  • Perhatikan tubuh bunda. Jika merasa lelah, pusing, atau tidak enak badan segera beristirahat. Jangan memaksa untuk melakukan aktifitas yang mungkin sudah biasa bunda lakukan.
  • Banyak minum air putih. Jangan malas minum atau takut terlalu sering buang air kecil, karena janin sangat membutuhkan banyak cairan untuk perkembangannya.
  • Posisi saat buang air kecil. Mulai biasakan untuk mencondongkan badan kedepan ketika buang air kecil karena ini membantu bunda mengosongkan kandung kemih.

Perkembangan Janin Minggu Ketujuh

Untuk ukuran janin di minggu ke 7 ini mengalami perkembangan dua kali lipat dari minggu sebelumnya, normalnya janin di usia ini sudah berukuran sekitar 1.27 cm. Di minggu ke 7 ini merupakan fase adaptasi bagi si janin dimana dia baru berjuang untuk menyesuaikan diri dengan rahim.

Perkembangan yang khusus pada minggu ini yaitu dengan mulai terbentuknya ari-ari yang merupakan penghubung antara bunda dan bayi. Ari-ari ini lah yang menyediakan kebutuhan bagi janin yaitu oksigen, nutrisi, dan tempat pembuangan kotoran bagi bayi. Dan diusia ini juga sistem pencernaan dan paru-paru sudah mulai terbentuk perlahan.

Selain ari-ari, wajah bayi juga sudah mulai terbentuk di usia tujuh minggu ini. Kontur mulut, telinga, hidung, mulut dan mata mulai terbentuk, Sedangkan untuk lengan baru mulai tampak.

Untuk perubahan pada tubuh akan terasa pada leher rahim dimana rahim akan terus membesar dan sumbat ketuban mulai terbentuk. Fungsi dari sumbat ketuban ini adalah untuk mengontrol rahim saat membuka dan menutup sampai leher rahim atau serviks bunda terbuka yang menandakan siap untuk melahirkan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam usia bayi 7 minggu ini adalah mengurangi duduk terlalu lama dan hindari paparan asap baik asap rokok maupun asap dari bebakaran yang lain. Mengapa duduk terlalu lama tidak diperbolehkan ? karena duduk terlalu lama dapat menghambat peredaran sirkulasi darah. Sedangkan asap banyak sekali mengandung racun dan radikal bebas yang bisa berakibat buruk bagi bayi didalam kandungan.

Perkembangan Janin Minggu Kedelapan

Pada minggu kedelapan ini, janin bayi didalam kandungan terus mengalami perkembangan baik dari ukuran dan organ. Ukuran bayi akan membesar menjadi sekitar 2,7 cm, sedangkan untuk organ seperti kaki dan tangan juga sudah mulai terbentuk. Selain itu usus juga terus bertumbuh dan menonjol keluar diluar tali pusat.

Yang menggembirakan lagi yaitu pada usia 8 minggu ini jenis kelamin bayi sudah mulai terbentuk walaupun masih sangat kecil dan sulit untuk diketahui. Jadi untuk mengetahui jenis kelamin bayi ini tetap harus bersabar ya bunda.

Untuk perubahan tubuh yang paling terasa di usia kandungan 8 minggu ini adalah semakin membesarnya payudara karena payudara sudah mulai melakukan persiapan produksi ASI. Jadi jangan heran jika payudara anda membesar dan anda mulai harus membeli bra yang baru dengan ukuran yang lebih besar.

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam usia kandungan 8 minggu ini antara lain :

  • Makanan bergizi. Bunda harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisi, perbanyak makan karbohidrat, makanan rendah lemak dan makanan yang gampang di cerna.
  • Banyak minum air putih. Jangan malas minum air putih dan jangan sampai bunda dehidrasi.
  • Perbanyak ngemil sehat. Makan sedikit-sedikit tapi sering akan lebih baik bagi bunda daripada langsung sekali dalam jumlah banyak. Namun juga harus diperhatikan cemilannya, jangan yang berminyak dan banyak mengandung pengawet.
  • Jalan pagi dan hirup udara segar. Ini sangat baik bagi kebugaran dan ketenangan pikiran seingga bunda lebih fresh dan tidak stres.

, , , , , ,
Latest Posts from Kompanesia.com