senam kehamilan untuk rileksasi
aerobik senam kehamilan
aerobik senam kehamilan

Pengertian Senam Ibu Hamil

Senam Ibu Hamil untuk Kesehatan – Senam Ibu hamil adalah gerakan yang dapat menjaga kebugaran ibu selama masa kehamilan. Gerakan-gerakan ini sangat dipengaruhi oleh kondisi ibu itu sendiri dan disesuaikan dengan usia kehamilan. Apakah senam hamil tidak berbahaya bagi janin? Tentu tidak, asalkan dilakukan dengan benar, tepat dan terukur.

Kondisi fisik dan kesehatan masing-masing ibu hamil pasti berbeda-beda, ada yang tetap sehat seperti biasa, ada yang jadi pemalas, namun ada yang karena sayang akan kehamilannya jadi takut untuk beraktifitas, inilah yang salah kaprah. Ibu hamil bukan orang sakit, secara umum ibu hamil harus tetap melakukan aktifitas untuk menjaga kebugarannya.

Senam ibu hamil yang paling baik adalah aerobik, dan hindari gerakan melompat dan menendang. Selain itu berjalan kaki setiap pagi juga sangat baik bagi ibu hamil. Lakukan secara lambat, perlahan, jangan sampai berlebihan dan kelelahan.

berjalan kaki merupakan senam kehamilan
berjalan kaki merupakan senam kehamilan

Manfaat Senam Ibu Hamil

Manfaat senam bagi ibu hamil sangat banyak, diantaranya :

  • Menambah energi

Dengan rutin berolahraga maka tubuh akan semakin bugar, otot-otot tubuh semakin kuat sehingga tubuh anda semakin sehat dan tidak mudah lelah. Dengan demikian tubuh akan semakin berenergi dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

  • Menurunkan resiko komplikasi

Ini terjadi pada istri saya sendiri ketika kehamilan pertama dimana kaki bengkak, dan tekanan darah tinggi, setelah dilakukan pemeriksaaan  melalui USG dan cek urine, ternyata istri mengalami preeklampsia dan harus dilakukan caesar saat usia kandungan baru memasuki usia 9 bulan.

Setelah caesar beruntungnya bayi kami sehat, namun istri saya harus masuk ruang HCU karena tekanan darahnya yang sangat tinggi. Setelah 3 hari di ruang HCU akhirnya kondisi istri membaik dan akhirnya bisa keluar dari HCU dan pindah ke bangsal biasa.

Dari pengalaman itu kami tau bahwa ternyata manfaat olahraga saat hamil ternyata sangat penting. Jadi bagi bunda yang memiliki riwayat diabetes atau hypertensi harus selalu menjaga kebugaran dengan melakukan senam yang tepat dan terukur.

  • Menghilangkan stres

Dengan melakukan senam maka suasani hati akan senang, tubuh semakin bugar sehingga otomatis bunda akan terhindar dari stress.

  • Membuat pikiran lebih santai dan segar

Berjalan kaki di pagi hari dengan suasana yang masih sepi dan sejuk tentu saja dapat membuat pikiran fresh, rilek dan membuat hati bahagia.

  • Menurangi rasa tidak nyaman saat hamil

Kondisi ibu hamil memang sangat tidak nyaman, ada yang mual berlebihan, menjadi pemalas, menjadi pemarah, dan berasa serba salah, itu sangat wajar bagi ibu hamil. Oleh karena itu dengan melakukan senam, maka sejenak bunda akan lupa dengan rasa tidak nyaman itu.

  • Istirahat jadi lebih berkualitas

Setelah melakukan senam dan beraktifitas maka pasti tubuh akan merasa lelah, ini tentu wajar dan justru baik bagi ibu hamil, karena dengan begitu istirahat akan lebih pulas dan nyaman.

  • Mempersiapkan tubuh untuk persalinan

Dengan rutin melakukan senam kehamilan maka  otot-otot tubuh akan menjadi kuat, tubuh semakin bugar sehingga tubuh akan lebih siap melakukan persalinan normal dibandingkan ibu hamil yang tidak pernah melakukan senam.

  • Pemulihan paska melahirkan akan lebih cepat

Ibu hamil yang rutin melakukan senam terbukti memiliki tubuh yang lebih sehat sehingga pemulihan paska melahirkan akan jauh lebih cepat karena otot sudah biasa terlatih.

Mari bunda, jangan takut dan malas melakukan senam kehamilan. Pelajari gerakanya, sesuikan dengan usia kehamilan dan lakukan dengan tepat dan terukur, pasti hasilnya akan luar biasa. Jadilah bunda yang kuat demi si buah hati dengan rutin melakukan senam saat masa kehamilan.

, , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com