Smartphone Kamera 108MP

Smartphone Kamera 108MP? Ini Hp apa DSLR? Luar biasa memang, perkembangan smartphone saat ini melesat kencang begitu cepatnya. Terkadang kalau dipikir, smartphone memang seperti ingin merangkum semua gadget menjadi satu, dari mulai Laptop, Kamera, Music Box, dan perangkat Game. Semua terangkum menjadi satu di Smartphone. Bentuknya yang kecil dan speknya yang semakin garang memang membuat smartphone menjadi gadget utama yang wajib dimiliki orang saat ini.

Sampai saat ini, pasar low end dan menengah untuk dunia smartphone masih dipegang oleh Xiaomi. Ya, brand satu ini memang terkenal dengan spek nya yang garang dan harga yang murah tapi terbukti tidak murahan. Xiaomi telah membuang penilaian buruk banyak orang selama ini tentang brand dari china yang murah dan tidak awet. Saat ini Xiaomi masih terus berkembang bukan hanya di smartphone, tapi bahasa gaulnya palugada, “Apa Lu Mau Gua Ada”.

Brand yang bermarkas di Shenzen, China ini kabarnya tengah mengerjakan smartpone baru dengan kamera 108MP. Hal ini tentu karena tuntutan jaman saat ini dimana kamera merupakan kebutuhan utama pengguna smartphone saat ini karena semakin merebaknya orang yang menggunakan smartphone untuk foto dan video entah untuk eksis, hobi dan juga tuntutan profesinya.

Saat ini banyak orang yang menjadikan Foto dan Video sebagai pekerjaan dan sumber penghasilan mereka. Dari foto mereka bisa menghasilkan uang dengan menguploadnya ke berbagai Microstock seperti ShutterStock, Adobe stock, dreamsteam, dll. Sedangkan dari video mereka juga bisa menghasilkan uang lewat youtube, facebook, instagram dan lainya. Jadi saat ini kamera memang menjadi pilihan dan penilaian utama dari kebanyakan orang saat memilih smartphone.

Brand Smartphone Kamera 108MP

Smartphone Kamera 108MP
Smartphone Kamera 108MP

Hal ini yang dilihat oleh brand smartphone, dimana mereka berlomba-lomba membuat smartphone dengan kamera yang garang. Dari xiaomi sendiri dikabarkan akan segera meluncurkan smartphone dengan kamera 108MP bernama Gaugin dan Gaugin Pro. Selain xiaomi, Samsung juga tak mau kalah. Samsung menggoda hati konsumen dengan S20 Ultra dan Note 20 Ultra dengan Kamera 108MP, selain itu Motorola juga meluncurkan smartphone dengan kamera 108MP yaitu Edge+.

Tak dapat dipungkiri, sektor kamera sejauh ini masih menjadi nilai jual smartphone, sehingga tidak mengherankan jika vendor terus mengembangkan teknologi, termasuk sensor yang semakin mumpuni. Hal ini sangat mengakomodir pengguna yang hobi traveling. Itu sebabnya, vendor smartphone terus berusaha untuk mengeksplorasi kamera sebagai nilai jual, termasuk meningkatkan kapasitas mega pixel dan jumlah kamera yang disematkan.

Dalam kajiannya, Counterpoint Research menyimpulkan, sebanyak 50 persen smartphone yang terjual secara global akan memiliki tiga atau lebih sensor kamera pada akhir 2021. Sedangkan menurut para pakar industri, peningkatan jumlah kamera merupakan upaya merek untuk membedakan diri dari pesaing dan tetap menjadi yang teratas dalam benak konsumen.

Namun perlu diketahui bahwa besarnya pixel bukanlah faktor utama yang membuat sebuah foto akan menjadi bagus. Faktanya, hanya menambahkan besaran megapiksel, tidak sepenuhnya membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas. Ada beberapa faktor lain yang menentukan. Seperti sensor, ukuran bukaan, Image Signal Processor (ISP), algoritma perangkat lunak, AI (Artificial Intelligence), dan lainnya.

Bisa disimpulkan bahwa eksplorasi megapixel yang gencar dilakukan oleh vendor smartphone, sesungguhnya masih sebatas gimik pemasaran. Meski demikian, kebanyakan konsumen sudah terlanjur meyakini bahwa semakin besar megapiksel yang ditanam dalam sebuah kamera smartphone, maka kualitas foto yang dihasilkan juga semakin bagus. Persepsi itu telah menjadi mantra yang ampuh bagi vendor smartphone untuk menjaring konsumen.

Jadi kita memang harus lebih pintar dalam memilih smartphone, jangan hanya tergiur oleh besarnya pixel. Cari informasi tentang hasil jepretanya terlebih dahulu karena saat ini sudah banyak orang yang mereview gadget. Selain itu juga perhatikan faktor-faktor lain seperti desain dan performa.

, , , , ,
Latest Posts from Kompanesia.com