bayi baru lahir
bayi baru lahir membahagiakan
bayi baru lahir membahagiakan

Bayi Baru Lahir tentu membawa kebahagiaan dan keceriaan ditengah keluarga, karena anak adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan bagi setiap keluarga. Setiap pasangan yang baru menikah tentu sangat mendambakan kehadiran si buah hati. Segala daya upaya pasti akan diusahakan oleh pasangan suami istri untuk bisa memperoleh momongan dan mempersiapkan kelahiran.

Banyak yang harus dipersiapkan dan diketahui oleh calon orang tua perihal merawat dan mendidik anak, apalagi anak pertama. Selain persiapan mental dan materi, orang tua juga harus memiliki pengetahuan tentang mendidik anak terutama tentang masalah yang kerap dihadapi bayi yang baru lahir.

Mengapa pengetahuanini penting ? ya supaya saat orang tua terutama bunda menghadapi masalah yang dialami bayi yang baru lahir maka bunda tidak mudah panik, tetap tenang dan tahu apa yang harus dilakukan sehingga bayi tetap sehat, aman dan nyaman. Berikut permasalah yang sering terjadi pada bayi yang baru lahir :

Bayi Baru Lahir Cegukan

bayi baru lahir cegukan
bayi baru lahir cegukan

Cegukan ternyata bukan hanya dialami orang dewasa saja, bayi yang baru lahir pun banyak sekali yang mengalami cegukan. Bedanya jika pada orang dewasa biasanya mengatasi cegukan dengan banyak minum air putih dan menahan napas beberapa saat, lalu bagaimana dengan bayi yang baru lahir?

Cegukan pada bayi secara normal merupakan rangsangan yang terjadi pada otot diafragma, hal ini kerap terjadi umumnya setelah bayi menyusu. Sehingga cegukan pada bayi itu sebenarnya normal dan wajar, dan bukan hal yang perlu dikhawatirkan berlebihan. Perlu diketahui bahwa semenjak didalam kandungan pun bayi sudah mengalami cegukan.

Lalu bagaimana cara menghentikan cegukan pada bayi? Untuk menghentikan cegukan pada bayi, bunda bisa melakukan gosokan atau menepuk punggung bayi dengan perlahan dan terukur. Dan perlu diketahui juga bahwa cegukan tidak mengganggu pernapasan, sehingga tidak semua cegukan perlu segera dihentikan.

Bayi Baru Lahir Kuning

Bayi baru lahir kuning
Bayi baru lahir kuning

Penyakit kuning pada bayi baru lahir juga sering menyerang bayi, tanda-tandanya bisa dilihat dari kulit dan mata bayi yang berwarna kuning. Untuk bayi yang berumur 2-3 hari, penyakit kuning ini bisa dikatakan wajar, namun jika sudah lebih dari 1 minggu maka ini butuh perhatian khusus.

Penyakit kuning pada bayi disebabkan karena tingkat bilirubin yang tinggi dalam darah bayi yang baru lahir. Bilirubin adalah pigmen yang berwarna kuning cenderung coklat yang berada dalam empedu, darah dan tinja semua orang .

Apa saja penyebab penyakit kuning pada bayi?

  1. Kerusakan sel karena adanya pembekuan darah superfisial dikepala bayi.
  2. Kerusakan sel darah karena tekanan yang mengakibatkan memar, ini biasanya terjadi selama proses persalinan yang rumit.
  3. Antibodi menyerang sel darah merah
  4. Warisan, atau yang disebut juga dengan defisiensi G6PD.
  5. Adanya infeksi pada darah atau urine
  6. Kelainan saluran empedu atau bisa juga karena adanya penyakit yang menyerang metabolisme.
  7. Bayi lahir prematur sehingga organ terutama liver belum sempurna.

Apa yang harus dilakukan jika Bayi Kuning?

Secara umun dan kondisi wajar, penyakit kuning pada bayi bisa disembuhkan dengan menjemur bayi pada sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi antara pukul 07.00 – 09.00 terbukti sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit kuning pada bayi.

Tapi untuk kondisi penyakit kuning tertentu, menjemur dipagi hari saja tidak cukup. Bunda membutuhkan penanganan medis, sehingga lebih baik jika bunda membawa bayi anda ke dokter untuk diperiksa lebih mendalam.

Bayi Baru Lahir Pilek

bayi baru lahir pilek
bayi baru lahir pilek

Pilek apalagi disertai batuk pada bayi itu sungguh menyiksa hati orang tua, kondisi ini sangat memprihatinkan dan terkadang orang tua menjadi bingung karena kasihan melihat bayi anda pilek. Jika batuk pilek itu melanda anak yang sudah agak besar atau remaja mungkin orang tua tinggal memberi obat, tapi bagaimana jika pada bayi yang baru lahir? Memberi obat tentu sangat beresiko.

Lalu langkah apa dan bagaimana cara mengatasi pilek pada bayi? Untuk mengatasi pilek pada bayi bunda dapat melakukan beberapa cara berikut ini :

  • Gunakan bantal yang agak tinggi supaya kepala bayi agak tinggi saat tidur, dengan demikian maka pernapasan bayi akan sedikit terbantu.
  • Berikat ASI lebih sering, ASI akan sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh bayi.
  • Sedot lendir dihidung bayi supaya hidung bayi tidak tersumbah dan bisa bernapas.
  • Lembabkan udara disekitar bayi, atau bisa juga dengan menggunakan air hangat yang diletakkan di mangkok lalu dekatkan dengan hidung bayi supaya bayi menghirup hawa hangat dari air itu.
  • Usahakan bayi dapat tidur dengan maksimal

Bayi Baru Lahir Sering Muntah

bayi baru lahir muntah
bayi baru lahir muntah

Muntah pada bayi sebenarnya bisa dikatakan wajar karena sistem pencernaan bayi yang baru lahir masih harus beradaptasi terlebih dahulu. Namun yang perlu bunda ketahui adalah membedakan antara Muntah dan Gumoh.

Gumoh biasanya terjadi ketika bayi baru saja menyusu dan susu tersebut dikeluarkan kembali dengan jumlah sedikit dan biasanya diikuti dengan bersendawa. Sedangakn muntah adalah proses mengeluarkan hampir semua isi perut dengan kuat.

Kalau bayi hanya sekedar gumoh, maka bunda tidak perlu khawatir berlebihan karena itu sangat wajar. Tapi bila bayi mengalami muntah dan itu sering, maka bunda wajib waspada.

Muntah pada bayi bisa disebabkan oleh hal-hal berikut :

  • Keracunan : Mungkin bunda memakan makanan yang tidak cocok untuk bayi, sehingga saat bunda memberi ASI maka bayi akan mengalami muntah.
  • Infeksi
  • Pneumonia
  • Radang atau usus buntu

Tanda-tanda muntah yang tidak normal yaitu :

  • Warna muntahan kuning kehijauan
  • Bayi terlihat sangat kesakitan
  • Perut membengkak
  • Terdapat darah pada muntahan
  • Muntah terjadi terus menerus
  • Muntah dan diikuti kulit dan mata menguning

Jika bunda mengalami salah satu tanda pada bayi anda, maka sebaiknya segera bawa bayi bunda ke dokter atau rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

Bayi Baru Lahir Sering BAB

bayi baru lahir sering BAB
bayi baru lahir sering BAB

Sebelum membahas seberapa sering dan mengapa bayi yang batu lahir kok sering BAB, terlebih dahulu kita perlu tahu seperti apa kotoran yang sehat bagi bayi yang baru lahir.

Warna normal dari kotoran bayi yang baru lahir yaitu hijau kehitaman, hijau kecoklatan, kuning terang dan coklat muda. Sedangkan warna kotoran bayi yang perlu diwaspadai yaitu merah, sangat pucat dan putih, hitam dan hijau.

Secara normal umumnya bayi yang baru lahir akan sering melalukan BAB, dalam satu hari bisa sebanyak 4 kali bahkan lebih waktunya juga belum teratur. BAB pada bayi ini berfungsi sebagai pembuang biluribin yang ada dalam tubuh bayi.

Jadi selama warna BAB bayi anda normal dan bayi anda tidak diare, maka bunda tidak perlu khawatir karena itu memang proses yang normal dan diperlukan oleh bayi. Yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan terutama kebersihan kulit bayi. Bunda harus menjaga kelembapan dan sering mengecek popok bayi jangan sampai ada feses bayi didalam popoknya.

Semoga artikel ini menambah pengetahuan bunda dan semoga bunda semakin siap dan bahagia merawat sibuah hati. Bunda yang penuh dengan pengetahuan, kesabaran, dan kasih sayang akan selalu

, , , , , ,
Latest Posts from Kompanesia.com