makanan sehat untuk anak adalah investasi

Pengertian Makanan Sehat untuk Anak

Makanan Sehat untuk Anak adalah asupan nutrisi yang kaya akan multivitamin, gizi dan bernutrisi yang wajib diberikan kepada anak karena masa kanak-kanak adalah masa emas pertumbuhan dan perkembanganya. Makanan sehat untuk anak tentu sangat baik bukan hanya untuk perkembangan fisiknya, tapi juga perkembangan otak atau kecerdasanya.

Memang sulit bagi orang tua jaman sekarang untuk fokus dan selalu memberikan makanan yang sehat untuk anak, banyak faktor yang menyebabkan anak tidak mendapatkan asupan makanan sehat antara lain kesibukan orang tua, tekanan pekerjaan, faktor ekonomi, faktor pengetahuan dan kemalasan oran tua.

Jenis Makanan Sehat untuk Anak

makanan sehat untuk anak
makanan sehat untuk anak
  • Makanan Sumber Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber utama untun energi, dan sangat dibutuhkan untuk sistem metabolisme tubuh. Didalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa atau gula darah. Glukosa inilah yang akan menjadi penghasil energi yang berguna untuk seluruh kerja sel, organ dan jaringan tubuh.

Karbohidrat terbagi menjadi 2 yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana bisa didapatkan dari : gula merah, madu, gula putih, dan kue. Sedangkan karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari gandum, kacang-kacangan, pasta, kentang, roti, nasi, sayur dan buah.

  • Makanan Sumber Serat

Serat sangatlah penting untuk sistem pencernaan, jadi setiap kali memberikan makanan ke anak, selalu sertakan makanan yang kaya serat supaya sistem pencernaanya lancar. Kekurangan serat akan membuat anak susah BAB, dan jika pencernaan tidak lancar maka kelamaan akan menjadi sumber penyakit karena akan banyak bakteri didalam perut.

Serat juga terbagi menjadi 2 yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Makanan yang banyak mengandung serat yaitu sayur, buah, sereal gandum, pasta, roti gandum utuh dan kacang-kacangan.

  • Makanan Sumber Protein

Fungsi protein bagi tubuh adalah untuk sistem pembangunan yang paling utama, selain itu protein juga berfungsi untuk pengganti sel-sel tubuh yang rusak. Bagi anak, protein menjadi sangat penting karena ini sangat membantu proses pertumbuhanya.

Ada 2 jenis protein yaitu protein nabati dan protein hewani. Sumber protein hewani yaitu daging, ikan, susu, telur, keju dan yogurt. Sedangkan sumber protein nabati yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, tempe, tahu, gandum dan oat.

  • Makanan Sumber Lemak

Tahukah anda bahwa hampor 60% otak kita yaitu terdiri dari lemak, oleh karena itu memberikan makanan berlemak kepada anak juga sangat penting namun harus lemak yang baik. Sumber makanan yang mengandung lemak baik antara lain alpukat, minyak zaitun, minyak canola, telur, ikan dan kacang-kacangan.

  • Makanan Sumber Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral tergolong zat gizi mikro, namun begitu fungsinya tak kalah penting dengan zat gizi makro seperti karbohidrat, serat, lemak dan protein. Fungsi dari vitamin dan mineral adalah untuk membantu fungsi otak, perkembangan saraf pusat, organ dan otot. Vitamin dan mineral bisa didapatkan dari sayur, buah, tempe, tahu dan kacang-kacangan.

Waktu Pemberian Makanan Sehat untuk Anak

makanan sehat untuk anak kita
makanan sehat untuk anak kita
  • Pagi Hari atau Sarapan

Membiasakan makan pagi atau sarapan bagi anak sangatlah baik, karena sarapan merupakan modal awal untuk kesiapan anak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Menu yang tepat untuk diberikan ketika sarapan adalah roti lapis gandum, telur, sayuran, roti selai, sereal, apel. Penyajianya tentu dapat divariasi sesuai kreativitas bunda supaya anak tidak bosan.

  • Makan Siang

Terlalu asyik bermain terkadang membuat anak lupa untuk makan siang, maka hal ini harus diperhatikan sekali oleh bunda. Berikan makanan sehat untuk anak disiang hari supaya anak tetap fokus dan bersemangat dalam beraktifitas.

Menu yang dapat diberikan ketika makan siang yaitu Nasi, Kentang, Sayur, telur, biskuit, keju, brokoli, tahu, tempe.

  • Makan Malam

Sajikan makanan sehat untuk anak di malam hari, karena makan malam merupakan momen yang berharga bagi keluarga untuk bisa makan bersama. Dengan kebersamaan ini, nafsu makan anak pun akan meningkat, inilah kesempatan bunda memberikan makanan yang sehat.

Menu yang dapat diberikan ketika makan malam antara lain Ayam, Daging, Bubur jagung, hati ayam, Mie Telur, sayur dan buah.

Prinsip Memberi Makanan Sehat untuk Anak

Batasi makanan manis pada anak
Batasi makanan manis pada anak
  • Semakin beragam, semakin banyak warna semakin baik

Ini adalah kunci paling mudah untuk menentukan apakah asupan makanan kita sudah sehat atau belum. Dengan beragamnya dan banyaknya warna pada makanan anda, itu menunjukan bahwa kandungan gizi, nutrisi, vitamin dan mineral yang terdapat dalam makanan akan semakin kompleks.

Selain itu semakin beragamnya makanan yang diberikan kepada anak, maka akan membangkitkan nafsu makan pada anak sehingga anak akan lebih bersemangat menyantap makanan yang diberikan bunda.

  • Biasakan Sarapan

Sekali lagi sarapan sangatlah penting bagi anak untuk menunjang aktifitasnya seharian. Sarapan akan menjadi sumber energi bagi tubuh supaya anak bisa lebih fokus dan berkonsentrasi dalam belajar dan beraktifitas. Selain itu pentingnya masuk angin adalah untuk menghindari anak dari sakit seperti masuk angin, mual dan lemas karena perut kosong.

  • Disiplinkan waktu makan anak

Banyak dari orang tua yang membiarkan, membiasakan bahkan memang sengaja menyuap anaknya sambil bermain supaya anak mau makan. Ini sebenarnya merupakan kebiasaan yang buruk. Mulai ajari anak kita untuk fokus saat makan, jangan biasakan anak kita makan sambil bermain, beraktifitas dan menonton tv atau gadget.

Biasakan ajak anak kita untuk makan dimeja makan bersama – sama, dengan begitu kedekatan orang tua dan anak akan semakin terjaga. Selain itu anak akan belajar disipilin dan fokus terhadap apa yang dia kerjakan. Selain itu cara itu dapat membangun interaksi yang kuat antar keluarga.

  • Libatkan anak dalam memilih menu makanan sehat

Hal ini sangatlah penting untuk proses pembelajaran bagi anak, karena sebagian besar anak pasti akan lebih memilih makanan yang enak tanpa memikirkan manfaatnya dan efek sampingnya. Disinilah peran orang tua menjadi sangat penting untuk mengedukasi anak tentang pentingnya makanan sehat bagi tubuh sehingga anak pun mendapatkan informasi yang baik tentang makanan sehat.

  • Batasi makanan yang banyak mengandung gula, garam dan lemak

Hal yang terakhir ini menjadi sangat penting karena saat ini sangat banyak beredar makanan dan jajanan yang enak, manis namun kurang bahkan tidak ada manfaatnya bagi kesehatan anak. Sedini mungkin mulai batasi anak kita dalam mengonsomsi gula, garam dan lemak karena jika berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatanya kelak.

Anak adalah harapan bagi setiap orang tua, oleh karena itu masa depan anak sangatlah penting bagi setiap orang tua. Banyak orang tua yang bekerja keras demi masa depan anak, memberikan asuransi terbaik, menyiapkan tabungan, dan menyiapkan pendidikan terbaik. Namun tanpa memberikan makanan yang sehat untuk anak, maka semua itu akan sia-sia.

Jadi jelas bahwa memberikan makanan sehat untuk anak adalah juga merupakan investasi untuk masa depan. Dengan memberikan makanan yang sehat, maka pertumbuhan dan perkembangan baik dari segi fisik, mental dan kecerdasan otaknya pun akan maksimal sehingga itu akan membantu anak di masa depanya.

, , ,
Latest Posts from Kompanesia.com