Memandikan Bayi

Memandikan Bayi dengan Air Dingin Membuat Bayi Kuat – Pernahkah bunda disarankan untuk memandikan bayi bunda dengan air dingin agar tubuhnya lekas kuat? Dan apakah yang bunda lakukan? Perlu bunda ketahui, memandikan bayi dengan air dingin tidak dianjurkan untuk bayi dibawah 1 tahun dan tergantung dari kondisi masing-masing bayi.

Mandi dengan menggunakan air dingin atau air hangat memiliki fungsi masing-masing. Dan untuk bayi silahkan disesuaikan dengan kondisi kesehatan bayi, cuaca lingkungan dan kebutuhan lainnya.

Jika bunda ingin mencoba memandikan bayi dengan air dingin, jangan dilakukan secara langsung ya bunda, tetapi lakukan secara bertahap kurangi tingkat kehangatan air mandinya sampai nantinya tidak menggunakan air hangat lagi dan akhirnya menjadi terbiasa. Jangan paksakan bayi mandi air dingin jika belum siap ya bunda. Untuk mandi air dingin bisa dilakukan saat mandi pagi agar tubuh lebih segar dan semangat setelah tidur panjang di malam hari, tetapi untuk mandi sore bisa menggunakan air hangat agar tidur bayi pun lebih nyenyak ya bunda.

Aktifitas mandi adalah salah satu hal yang disenangi oleh bayi, karena saat berada di air, mereka seperti merasakan saat berada di dalam perut bunda. Dan saat itu pasti bayi anda akan dengan senang menggerak-gerakkan tangan dan kakinya. Pasti seru kan bunda.

Mandi air dingin dan hangat memiliki manfaat masing-masing. Mandi air dingin disaat kondisi yang tepat memang dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Tubuh akan lebih banyak memproduksi panas untuk menyeimbangkan temperature, hali ini akan memicu limpa bekerja lebih optimal dalam memerangi bakteri dan kuman dalam tubuh. Selain itu paru-paru pun akan lebih sehat. Tetapi jika dilakukan dalam kondisi badan kurang sehat ataupun cuaca sekitar sedang sangat dingin malah akan membuat badan menjadi kedinginan. Air dingin pun akan merangsang hormon noradrenalin dan beta-endorfin yang membuat tubuh lebih segar dan mampu mereduksi stress.

Nah sedangkan jika mandi dengan air hangat tidur malam anak akan lebih rileks sehingga tidurpun berkualitas. Dengan mandi air hangat bisa membunuh kuman dan bakteri serta minyak dan kotaoran yang menempel di kulit. Dan  jika sedang terkena flu atau batuk dan disertai demam dianjurkan mandi dengan air hangat agar tubuh terasa lebih baik.

Demikian tadi sedikit penjelasan mengenai kondisi air saat memandikan bayi. Jangan lupa lakukan cara memandikan bayi dengan benar ya bunda. Memandikan bayi tidak perlu terlalu lama ya Bunda. Jangan ragu saat memasukkan badan bayi ke dalam bak mandinya, peganglah dengan yakin ya Bunda agar saat bayi anda bermain dengan air dengan menggerak-gerakkan tangan dan kakinya tidak terlepas dari pegangan tangan Bunda. Jangan sampai terlena karena terlalu asyik bermain sambil memandikan ya, karena bisa-bisa terlalu lama dan akhirnya si bayi kedinginan bahkan bisa masuk angin.

Jadi untuk meyakinkan bunda lebih baik mana memandikan bayi menggunakan air hangat atau air dingin itu kembali lagi kepada kondisi si bayi dan kondisi lingkungan, karena setiap bayi memiliki daya tahan tubuh masing-masing, sedangkan setiap daerah juga memiliki iklim cuaca yang berbeda-beda. Bagi anda yang tinggal di iklim daerah panas, dan dirasa bayi anda sehat, maka akan lebih baik untuk mulai mencoba memandikan bayi anda dengan air dingin. Tapi apabila anda tinggal di pegunungan yang dingin, sebaiknya lebih hati-hati memandikanbayi anda dengan air dingin karena dikhawatirkan bayi anda belum siap. Semoga Bunda dan Bayi selalu sehat.

, , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com