makanan pelancar asi alami

Makanan Pelancar Asi Alami – Halo Bunda, Kompanesia.com ingin bertanya. Kira-kira apa yang paling bunda pikirkan setelah melahirkan selain memberi nama bayi ? Kalau boleh menebak jawabanya pasti ASI. Disamping kebutuhan lain seperti pakaian , perlengkapan, biaya rumah sakit, bahkan rasa sakit yang bunda rasakan pasca melahirkan, tidak akan mengalahkan pentingnya memikirkan perihal ASI. Karena pentingnya kebutuhan ASI, maka bunda pasti memikirkan makanan apa yang bisa memperlancar ASI dan bagaimana cara memperbanyak ASI.

Makanan pelancar ASI sebenarnya cukup banyak dan cukup mudah didapatkan, hanya saja banyak dari para bunda yang belum mengetahuinya. Berikut daftar makanan pelancar ASI besarta dengan kandungan yang terdapat didalamnya.

Makanan Pelancar Asi Alami : Sayuran

  • Daun katuk
sop daun katuk
sop daun katuk

Daun Katuk merupakan salah satu tanaman yang terkenal paling ampuh merangsang jumlah ASI. Cara menanamnya juga cukup mudah, jadi saat anda mulai hamil, bunda bisa mempersiapkan menanam katuk di halaman rumah. Cara memasaknya juga gampang, cukup di sayur bening biasa rasanya akan enak dan segar.

Daun Katuk banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, kalsium, zat besi, dan vitamin C.

  • Pare

Walaupun terkenal dengan rasanya yang pahit, tapi manfaat pare untuk memperlancar ASI juga sangat ampuh. Pare kaya dengan antioksidan dan vitamin C yang tinggi

  • Bayam

Bayam adalah sayuran dengan zat besi tinggi dan mengandung phytoestrogen yang ampuh meningkatkan produksi ASI.

  • Daun kelor
daun kelor pelancar asi
daun kelor pelancar asi

Daun kelor merupakan tanaman yang sangat banyak manfaatnya, bukan hanya untuk memperlancar ASI saja. Hampir sama seprti daun katuk, daun kelor ini juga sangat nikmat dimasak menjadi sayur bening atau sop. Daun kelor mengandung Moringa Oleifera yang efektif menstabilkan tekanan darah, gula darah, mengatasi anemia

  • Bunga Pepaya

Bunga Pepaya juga merupakan salah satu tanaman yang baik untuk ibu menyusui karena mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor dan kalsium.

  • Asparagus
Asparagus pelancar ASI
Asparagus pelancar ASI

Asparagus merupakan makanan wajib bagi ibu menyusui terutama yang mengalami masalah  dengan kuantitas ASI yang sedikit. Asparagus terbukti sangat tepat untuk menstimulasi hormon-hormon yang dibutuhkan untuk menyusuil. Makanan yang sering dijadikan sup ini juga kaya akan serat, vitamin A dan K.

Karena khasiatnya yang sangat ampuh melancarkan ASI, maka tidak heran jika tanaman ini banyak di ekstrak dan dikemas menjadi ASI Booster yang dijual di apotek.

  • Edamame / Kedelai Jepang

Edamame atau Kedelai Jepang banyak sekali kandungan nutrisinya antara lain : protein nabati, zat besi, mangan, vitamin K, asam folat, riboflavin, vitamin C, magnesium, kalium dan fosfor.

  • Labu Siam

Ibu menyusui juga baik mengonsumsi labu siam karena banyak terdapat asam folat, vitamin C, vitamin B6 zinc, mangan, magnesium dan kalium didalamnya. Ini sangat baik untuk pembentukan sel bagi ibu paska melahirkan.

Makanan Pelancar Asi Alami : Buah

  1. Pepaya

Pepaya selain terkenal baik untuk pencernaan ternyata juga baik untuk ibu menyusui karena banyak mengandung vitamin A, B, C, dan E dan berbagai mineral yang dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin dalam tubuh Anda, sehingga produksi ASI juga ikut meningkat

  • Wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Bunda dapat memasaknya dicampur dengan daun kelor menjadi sop lezat. Selain itu bunda juga mengolahnya menjadi jus segar.

Makanan Pelancar Asi Alami : Kacang-kacangan

Kacang-kacangan untuk ASI Booster
Kacang-kacangan untuk ASI Booster

Kacang selain banyak digemari karena rasanya yang enak ternyata juga sangat baik untuk merangsang keluarnya ASI. Namun khusus bagi ibu yang menyusui, sebaiknya buat olahan kacang sendiri yang tanpa pengawet, tanpa perasa dan bebas garam supata kualitas ASI terjaga.

Makanan Pelancar Asi Alami : Sop Aneka Buah

Sop daging untuk memperlancar ASI
Sop daging untuk memperlancar ASI

Sop daging merupakan makanan yang sangat baik bagi ibu menyusui, dari kuah sop nya banyak mengandung cairan yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui, sedangkan daging kaya akan protein yang baik untuk ASI.

Berikut daftar makanan yang baik untuk merangsang, memperbanyak dan memperlancar ASI. Jangan hanya mengkonsumsi 1 jenis makanan ya bunda, kombinasikan dan makanlah semua secara bergantian, selain manfaatnya yang baik untuk ASI, bunda juga tidak akan bosan. Dan yang penting dan tidak bisa dilupakan juga yaitu bunda harus banyak minum AIR PUTIH supaya bunda tidak kekurangan cairan.

, , , , , , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com