Kupas Tuntas RAM Random Access Memory

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu komponen penting dalam sebuah Gadget, baik komputer, PC, laptop, notebook, netbook, HP, Smartphone dan semua barang elektronik yang menggunakan sistem operasi. Apa itu RAM? Mengapa RAM itu sangat penting? Bagaimana cara memilih RAM yang bagus dan tepat? Semuanya akan kita bahan diartikel ini.

Mendengar kata Memory, maka setidaknya kita tahu bahwa itu pasti berkaitan dengan media atau sesuatu yang digunakan untuk menyimpan data. Macam-macam memory tentu sangat banyak, kapan-kapan kita akan bahas juga. Namun kali ini kita akan lebih fokus membahas tentang RAM itu sendiri. Karena RAM lebih sering kita jumpai saat kita akan membeli sebuah Laptop atau smartphone.

Walaupun sama-sama memory, ada perbedaan antara RAM dan memory internal atau ada yang menyebutnya storage, atau yang lebih populer juga disebut Hard Disk. Untuk persamaannya, semua memory memiliki persamaan yaitu untuk menyimpan data. Namun yang membedakan adalah jika Hard disk itu bersifat permanent, maka RAM itu adalah memory yang bersifat temporer. Jadi, RAM hanya akan menyimpan data ketika sebuah laptop atau Hp itu hidup atau memiliki power. Dengan kata lain, memory akan bekerja jika ada power.

Sedangkan hard disk berbeda, hardisk memiliki sifat permanent, jadi jika data sudah tersimpan di hard disk, maka walaupun hard disk tersebut dimatikan atau tidak diberi power dalam waktu yang lama pun maka data itu tidak akan hilang dan tetap tersimpan di hard disk tersebut. Lalu bagaimana kedua komponen ini bekerja dan berkolaborasi dalam sebuah notebook atau smartphone?

Jadi alurnya begini, saat kita menyalakan sebuah komputer/notebook/smartphone, kita pasti melakukan aktifitas katakanlah misalnya mengetik tugas menggunakan aplikasi office atau notepad. Saat kita sedang mengetik, sebelum kita menyimpanya di hard disk, maka saat ini tulisan yang kita ketik masih tersimpan di RAM dan masih bersifat temporer, oleh karena itu mungkin anda pernah mengalami jengkel dan kesal sekali ketika anda sedang mengerjakan tugas dan anda belum menyimpanya di hard disk dan tiba-tiba listrik mati, begitu anda menyalakan komputer lagi maka ketikan anda yang dikerjakan berjam-jam tiba-tiba hilang. Hal itu dikarenkan data anda baru tersimpan di RAM dan belum tersimpan di hard disk yang permanen.

Lalu bagaimana pengaruh RAM pada kinerja atau performa sebuah komputer atau smartphone? Tentu sangat berpengaruh. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat kinerja sebuah sistem operasi. Jika diibaratkan dalam sebuah toko, Bos itu adalah Proccessor, sedangkan karyawan itu adalah RAM. Kecerdasan Bos dalam mengatur karyawan pasti sangat penting, tapi tentu jumlah karyawan juga tak kalah pentingya. Sehebat apapun otak si Bos, jika toko tersebut ramai sekali sedangkan karyawan hanya sedikit maka pasti karyawan akan kelabakan, sehingga terjadi antri dalam melayani permintaan pembeli.

Begitupun laptop anda, walaupun anda menggunakaan procesor yang tinggi, tapi jika tidak diimbangi dengan jumlah RAM yang memadai maka kenerja komputer anda tidak akan bisa maksimal. Saat anda sedang menajalankan program yang berat, dan ditambah dengan membuka banyak aplikasi, maka otomatis RAM anda akan kualahan melayani permintaan anda dan yang terjadi komputer anda akan lemot, not responding dan bisa jadi ngehang.

Oleh karena itu, jika anda akan membeli sebuah laptop, smartphone, atau perangkat apapun yang menggunakan sistem operasi, maka perhatikan juga kapasitas RAM nya, jangan hanya terfokus pada procesornya saja. Nha setelah mengerti tentang fungsi RAM, sekarang kita akan membahas lagi tentang RAM secara kuantitas dan kualitas.

Kuantitas dan Kualitas RAM

Kuantitas dan kualitas RAM Random Access Memory
Kuantitas dan kualitas RAM Random Access Memory

Jadi, dalam memilih RAM, ternyata kapasitas besar saja tidaklah cukup. Ternyata selain masalah kuantitas, RAM yang bagus juga harus memiliki kualitas yang bagus. Secara kuantitas, ram saat ini terbagi mulai dari 256MB, 512MB, 1gb, 2GB, sampai 32GB. Standar minimum untuk sebuah komputer saat ini yang menggunakan sistem operasi windows 10 adalah 4Gb, kalau kami merekomendasikan 8GB untuk kinerja yang maksimal.

Jika secara kualitas sudah terpenuhi, maka jangan lupa juga masalah kualitas. Sama-sama memiliki kapasitas 4gb, setiap ram memiliki speed atau kecepatan kinerja yang berbeda. Oleh karena itu jika kita memperhatikan label yang tertera pada sebuah RAM, ada misalnya tulisan RAM 4GB PC3-12800, itu menandakan RAM tersebut memiliki kapasitas 4GB, generasi ketiga (DDR3) dan memiliki kecepatan tranfer rate sebesar 12800MB/s.

Misalnya begini, kembali lagi ke contoh diatas. Misal disebuah toko sama-sama memiliki karyawan 4 orang, tapi di toko A skill karyawan dalam melayani pelanggan sangatlah lambat, tidak cekatan dan cenderung malas-malasan, hal ini menyebabkan pelayanan menjadi tidak maksimal, lambat dan mengecewakan. Sedangkan di Toko B, dari 4 karyawan semuanya memiliki skill kerja yang mumpuni, mereka cepat, tepat dan sangat lincah, hasilnya pelayanan menjadi maksimal dan pelanggan pun terlayani dengan cepat dan puas.

Generasi RAM

Generasi RAM Random Access Memory
Generasi RAM Random Access Memory

Dalam pekembanganya, RAM terus berkembang untuk mencukupi kebutuhan pengguna. Dulu kita mengenal istilah SDRAM, DDR1, DDR2, DDR3 yang saat ini paling banyak digunakan namun sebentar lagi sepertinya akan mulai tergerser oleh DDR4 karena kinerjanya yang semakin cepat dan harganya yang mulai terjangkau.

Apa itu DDR? DDR adalah singkatan Double Data Rate (DDR) yang artinya dua data transfer yang terjadi per jam. Yang membedakan dari generasi DDR1 sampai dengan DDR4 adalah semakin kecilnya komsumsi daya namun semakin cepatnya kinerja yang dihasilkan:

  • DDR1     :               Keluar tahun 2002, 2.5 Volts, speed 266Mhz dengan density 128Mb
  • DDR2     :               Keluar tahun 2004, 1.8 Volts, speed 400Mhz dengan density 256Mb
  • DDR3     :               Keluar tahun 2007, 1.5 Volts, speed 1066Mhz dengan density 1Gb
  • DDR4     :               Keluar tahun 2013, 1.2 Volts, speed 2133Mhz dengan density 4Gb.

Model RAM

DIMM dan SODIMM RAM Random Access Memory
DIMM dan SODIMM RAM Random Access Memory

Untuk komputer dan laptop, ada 2 istilah untuk sebuah RAM yaitu DIMM dan SODIMM. Hal ini yang membedakan sebenarnya adalah ukuranya saja. DIMM artinya adalah Dual Line Memory Module. DIMM ini artinya RAM yang digunakan untuk sebua PC atau komputer. Sedangkan SODIMM artinya Small Outline DIMM yang berati ini adalah RAM yang berukuran fisik lebih pendek dan digunakan untuk laptop.

Berikut penjelasan kami mengeni RAM. Jadi mulai sekarang, jika anda ingin membeli laptop atau merakit sebuah PC, RAM adalah salah satu komponen penting yang wajib anda perhatikan. Jangan sampai anda salah dan kecewa karena membeli notebook RAM onboard. Jangan juga anda kecewa karena merakit PC dengan Procesor High End, VGA OK, Hard disk gede, tapi RAMnya kecil sehingga performanya bukanya was-wus tapi malah lemot. Demikian Kupas Tuntas Tentang RAM, semoga bermanfaat.

, , , , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com