Cara memperbanyak ASI

Cara Memperbanyak ASI Alami – Kebutuhan ASI merupakan hal terpenting setelah bayi melahirkan, mengapa? Karena ASI merupakan makanan pokok terbaik yang dibutuhkan oleh bayi. Selain kandungan nutrisinya yang paling baik dan paling tepat bagi bayi, ASI juga merupakan makanan paling aman bagi bayi. Oleh sebab itu semua Ibu yang baru melahirkan pasti mencari bagaimana cara memperbanyak ASI.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak ASI, namun cara paling baik dan aman adalah apabila bisa melakukanya dengan cara alami. Selain aman dan tanpa efek samping, cara alami juga lebih menambah kedekatan antara ibu dan bayi karena lebih menggunakan usaha dan rasa yang pasti berdampak positif bagi si buah hati. Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk memperbanyak ASI :

Cara Memperbanyak ASI Alami Setelah Melahirkan

• Mengelola Stres
Selain gembira yang luar biasa karena memiliki momongan, situasi pasca melahirkan memang penuh perjuangan. Banyak sekali permasahan dan pekerjaan baru yang sangat menguras emosi dan tenaga. Oleh sebab itu sangat penting bagi Bunda untuk dapat mengelola stres.
Butuh kerjasama yang solid antara suami dan istri serta dukungan keluarga untuk menjaga agar Ibu yang menyusui tidak mengalami stres. Semangat dan suport dari keluarga sangat berperan penting disini. Selain itu dari Bunda sendiri harus benar-benar menyadari bahwa paska melahirkan tugasnya memang bertambah, jadi harus lebih bersabar, bersyukur dan selalu bahagia.

• Jangan Cemas
Cemas sangat mempengaruhi mental baik untuk Ibu yang menyusui maupun si bayi, dan memang tidak mudah untuk menghilangkan rasa cemas apalagi bagi bunda yang memang memiliki watak mudah cemas.
Kembali lagi bunda harus sadar dan fokus kepada kebutuhan bayi. Ada beberapa cara untuk emngatasi cemas antara lain :

  1. Abaikan pikiran dan permasalahan yang tidak terlalu penting
  2. Tidak usah terlalu memikirkan hal-hal yang hanya mengganggu pikiran dan ketenangan hati apalagi harus memikirkan perkataan orang lain tentang diri dan keluarga kita.
  3. Berdoa : Yakin dan Percaya bahwa semua akan baik-baik adanya.
  4. Mendengarkan musik yang santai dirumah untuk menemani aktifitas.

• Istirahat Cukup
Sebagai seorang ibu yang baru melahirkan, pekerjaan pasti akan bertambah banyak. Apalagi bagi ibu yang hidup tanpa adanya asisten rumah tangga, tentu akan banyak sekali menguras tenaga.
Oleh karena itu, dengan bertambahnya pekerjaan dan tugas harian seorang ibu, maka ibu wajib dituntut untuk lebih cekatan dan disiplin mengatur waktu pekerjaan supaya tugas utama cepat terselesaikan, setelah itu bunda bisa memiliki waktu istirahat yang cukup. Jadilan ibu yang bekerja keras dan bekerja cerdas demi si buah hati.

Cara memperbanyak ASI
Cara memperbanyak ASI

• Memberikan ASI terus-menerus dan Teratur
ASI itu ajaib, tidak seperti air di sumur yang semakin banyak pengguna semakin kering, tapi justru ASI akan semakin banyak apabila sering diminumkan ke bayi. Secara otomatis tubuh akan semakin terlatih dan terbiasa memproduksi ASI yang lebih banyak apabila sering diminumkan.
Oleh karena itu walaupun bayi anda tidur pulas, jangan pernah malas atau kasihan untuk membangunkanya setiap 2-3 jam sekali untuk menyusui. Selain semakin memperbanyak jumlah ASI, menyusui dengan sering dan teratur juga menghindarkan bayi dari dehidrasi.

Baca Juga : Hanya memberi ASI pada Bayi, Cukupkah?

• Memompa ASI
Terkadang ada beberapa ibu yang jumlah ASI nya sedikit atau ASI nya mengental sehingga seperti beku dan membuat bayi kesusahan saat menyedot ASI Bunda. Dalam situasi seperti ini, bunda harus mencoba untuk memompanya.
Memompa ASI ini memang terkadang sakit, apalagi jika ASI membeku, benar-benar akan terasa sakit. Tapi apabila tidak dipompa, maka semakin lama justru akan semakin kental dan lebih sakit. Jadi perlahan dan sabar cobalah memompa ASI sampai ASI lancar kembali dan bayi kembali mau menyusu dengan tenang.

• Membersihak Puting dan Memijatnya
Sebagai Ibu yang baik maka wajib untuk menjaga kebersihan payudara. Biasakan selalu mencuci tangan apabila bunda mau menyusui bayi, karena setiap menyusui tangan bunda pasti akan memegang payudara, padahal tangan bunda belum tentu bersih. Iya bukan?
Selain itu membersihkan payudara sembari memijat-mijatnya juga dapat merangsang produksi ASI menjadi lebih banyak. Dengan payudara bersih, ASI melimpah, maka bunda dan bayi akan merasa senang dan tenang.

• Kompres Payudara
Mengkompres payudara baik juga dilakukan saat bunda masih hamil terutama ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga atau sebelum masa melahirkan. Mengapa? Karena dengan mengompres payudara ini dapat merangsang produksi ASI menjadi lebih banyak.
Bunda dapat mengompres payudara menggunakan air hangat menggunakan kain bersih sembari memijat-mijat payudara, atau bisa juga menggunakan botol kaca yang diisi air hangat lalu ditempelkan dipayudara. Ingat, pastikan air dan alat yang digunakan bersih ya bunda.

• Konsumsu Makanan Pelancar ASI
Mengkonsumsi makanan pelancar ASI bagi ibu menyusui adalah wajib hukumnya. Secara logika saja bagaimana bisa memproduksi ASI yang berkualitas dan berkuantitas kalau asupan nutrisinya tidak terpenuhi.
Makanan bernutrisi tidak selalu mahal, banyak makanan alami disekitar kita yang banyak manfaatnya untuk melancarkan ASI sepeti daun pepaya, daun katuk, kacang-kacangan dan buah.

Baca Juga : ASI terlalu Berlimpah, Berkah atau Musibah?

• Minum Air Putih yang Banyak
Ingat, ASI itu merupakan cairan. Jadi bila ingin ASI melimpah, bunda juga dituntut minum air putih yang banyak supaya bunda tidak dehidrasi. Kalau sampai bunda dehidrasi, maka secara otomatis jumlah ASI juga akan menurun.
Manusia dalam kondisi normal saja dihimbau untuk minum air putih sebanyak 2 liter per hari, apalagi bagi ibu menyusui. Maka untuk mengakali agar tidak merasa terbebani, biasakan minum air putih setiap 30 menit – 1 jam sekali dari mulai bangun tidur sampai malam. Malam hari ketika tidur pun usahakan tetap meminum air putih.

Posisi menyusui
Posisi menyusui

• Posisi Menyusui
Posisi menyusui juga mempengaruhi produktifitas ASI, mengapa? Karena menyusui dengan posisi yang tidak nyaman akan membuat bayi tidak puas menyusu, apabila bayi tidak puas maka ASI yang dikeluarkan juga sedikit, padahal pada point diatas kita sudah membahas bahwa semakin sering bayi menyusu, maka akan semakin banyak jumlah ASI. Selain itu posisi yang nyaman selama menyusui juga dapat mendekatkan hubungan bunda dan bayi.

• Kontak kulit langsung dengan Bayi ( Skin to Skin Contact )
Apa hubunganya kontak kulit secara langsung antara bunda dan bayi dengan bertambahnya ASI? Inilah salah satu keajaiban ASI. Kontak kulit langsung ini merupakan salah satu pendekatan emosi ke bayi, dan hanya ibu yang dapat merasakan perasaan ini. Dengan kedekatan emosi ini maka secara otomatis otak akan bekerja memerintahkan ke tubuh bunda untuk memproduksi ASI lebih banyak.

Selain cara-cara diatas, jangan lupa untuk selalu menjaga kedekatan dan komunikasi dengan bayi. Ajak bayi bercerita, bercanda dan tertawa bahagia sambil menyentuh lembut kulitnya. Selalu beryukur, yakin dan percaya bahwa anda dapat menjadi bunda yang mampu memberikan ASI Eksklusif bagi buah hati, niscaya kebutuhan ASI akan tercukupi.

, , , , , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com