Benda Media Penyebaran Virus Corona yang Sering kita Gunakan

Benda Media Penyebaran Virus Corona  yang Sering kita Gunakan – Penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin mengkhawatirkan, di beberapa Kota besar sudah mulai diberlakukan status Lockdown atau Kejadian Luar Biasa (KLB). Walaupun belum sepenuhnya lockdown, tapi pergerakan manusia semakin dipersempit supaya mencegah interaksi antar sesama manusia.

Presiden Joko Widodo juga sudah mengumumkan bahwa sudah waktunya untuk Bekerja, Belajar dan Beribadah di Rumah. Ini semua pemerintah lakukan untuk memutus rantai penyebaran corona dan untuk melindungi rakyat Indonesia yang sehat supaya tidak ikut terserang Virus Corona (Covid-19). Dan karena rasa takut dan waspada, banyak masyarakat yang mematuhi dengan tidak bepergian keluar rumah dan mengisolasi diri di Rumah.

Namun begitu, kita meski tetap waspada terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19) ini, karena Virus ini mampu bertahan di benda mati sekalipun. Lalu benda apa saja yang wajib kita waspadai supaya kita tidak tertular virus corona ini? Berikut beberapa Benda yang Mudah Menjadi Media Penyebaran Virus Corona :

Benda Media Penyebaran Virus Corona yang Sering kita Gunakan

  • Uang

Uang menjadi hal yang paling sulit untuk kita hindari dalam kehidupan kita sehari-hari, padahal kita tidak pernah tahu uang itu berasal dari mana dan dari siapa, orang sehat atau sakit. Terlepas dari virus corona, uang juga pasti menjadi media yang sangat mudah untuk menyebarkan kuman atau bakteri.

  • ATM
ATM Benda Media Penyebaran Virus Corona  yang Sering kita Gunakan
ATM Benda Media Penyebaran Virus Corona yang Sering kita Gunakan

Saat kita mau mengambil uang di mesin ATM, 2 hal yang harus kita perhatikan yaitu ganggang pintu masuk ATM dan tombol pada mesin ATM. 2 benda tersebut pasti sangat banyak dipegang orang dan hampir pasti jarang bahkan tidak pernah dibersihkan oleh petugas.

  • Gagang Pintu
gagang pintu Benda Media Penyebaran Virus Corona  yang Sering kita Gunakan
gagang pintu Benda Media Penyebaran Virus Corona yang Sering kita Gunakan

Setiap mau masuk atau keluar ruangan, rumah atau kantor, setiap orang pasti melewati pintu, dan setiap itu pula pasti kita menyentuh gagang pintu. Oleh sebab itu kita harus waspada dan berhati-hati setiap habis memegang gagang pintu.

  • Telepon / HP

Telepon umum dan HP kita juga bisa menjadi media penyebaran virus dan bakteri. Coba perhatikan saat kita habis memegang benda apapun, habis bersalaman dengan orang, pasti tak lama kemudian kita langsung memegang Hp kita. Disitulah kuman atau virus juga bisa bersarang. Maka rajinlah mengelap bagian luar HP anda dengan tisu antiseptic.

  • Toilet Umum

Toilet umum menjadi tempat yang harus paling anda waspadai, terutama toilet yang air kran nya tidak mengalir dan hanya tersedia di bak/ember saja.

  • Tombol Lift

Tombol lift tak ubahnya juga mesin ATM yang memiliki tombol untuk mengoperasikanya, dan setiap orang juga pasti menekan tombol itu jika akan pergi menggunakanya. Karena kita tidak bisa memantau kebersihanya, maka berhati-hati lah saat menggunakan tombol di Lift.

Lalu bagaimana cara terhindar dari benda-benda tersebut? Tentu tidaklah mungkin. Anda tidak perlu menghindari benda-benda tersebut, yang perlu anda lakukan hanyalah selalu waspada dan mawas diri, jika anda baru saja memegang benda-benda tersebut, janganlah memegang sesuatu apalagi anggota tubuh terutama bagian wajah baik diri anda sendir atau  orang lain sebelum anda mencuci tangan anda dengan Air Sabun.

Bagaimana dengan hand Sanitizer? Hand sanitizer tentu juga sangat baik dan membantu, tapi untuk hasil lebih maksimal adalah dengan mencuci tangan dan wajah dengan air sabun karena hand sanitizer lebih sebagai anti septic/bakteri/kuman bukan anti virus.

Namun begitu, ada informasi yang dikeluarkan oleh Kemenkes bahwa Corona tak menular melalui barang maupun pakaian. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto, Senin (27/01/2020) lalu, menambahkan keterangan bahwa virus itu tidak dapat menular melalui benda mati.

Untuk tetap bertahan hidup, kata Yuri, virus membutuhkan inang. Yuri menganalogikan virus itu seperti tumbuhan benalu yang membutuhkan perantara pohon hidup, karena benalu tidak akan hidup di pohon yang mati. Tentu kabar ini menjadi kabar baik bagi kita, namun begitu, menjaga dan lebih berhati-hati akan menjadi lebih baik. Mati bersama-sama kita lawan Virus Corona(Covid-19) supaya Indonesia sehat dan terbebas dari Corona.

, , , , , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com