bayi baru lahir
merawat bayi baru lahir
merawat bayi baru lahir

Bayi Baru Lahir – Memiliki momongan memang membahagiakan, namun itu juga merupakan tanggung jawab besar bagi orang tua karena harus mampu merawat dan membesarkan si buah hati. Untuk merawat dan membesarkan anak, orang tua harus memiliki fisik yang sehat, materi yang cukup, tanggung jawab yang besar dan pengetahuan yang luas.

Membesarkan anak tidak cukup hanya dengan materi, karena selain materi anak juga membutuhkan kasih sayang, perhatian, dan kasih sayang dari keluarga. Oleh karena itu tanggung jawab orang tua sangatlah besar, dan oleh karena itu orang tua harus tau apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan untuk merawat bayi seperti tips merawat bayi, larangan bagi bayi yang baru lahir, kebutuhan bayi baru lahir dan kemampuan bayi yang baru lahir. Mari kita pelajari satu persatu :

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

tips merawat bayi baru lahir
tips merawat bayi baru lahir
  • Memberikan ASI Eksklusif

Ini wajib dan penting untuk bayi, bukan hanya untuk kesehatannya saja, tapi juga untuk kedekatan emosional antara bunda dan bayi. Untuk cara memperbanyak asi, cara menyimpan asi yang benar dan penjelasan lebih banyak tentang ASI Ekslusif dapat anda baca disini.

  • Perhatikan Perlengkapan Mandi Bayi

Perlengkapan mandi bayi tidak harus yang mahal, tapi yang terpenting adalah harus selalu bersih karena kulit bayi baru lahir itu sangat sensitif. Maka bunda juga harus memperhatikan jenis sabun dan shampoo yang digunakan, cari yang tidak menimbulkan alergi bagi bayi bunda.

  • Menjaga Mood Bunda

Mood bunda sangat berpengaruh kepada bayi, terutama terhadap produksi ASI, oleh sebab itu sangat penting bagi bunda untuk selalu menjaga mood supaya selalu ceria, bahagia dan bersemangat sepanjang hari supaya bayi juga merasa aman dan nyaman.

Putar musik yang bunda senangi supaya membantu pikiran lebih santai, serta selalu menjaga hati dan pikiran untuk selalu bersyukur, sehingga seberat apapun tugas dan tanggung jawab bunda sebagai orang tua, maka bunda akan selalu bersyukur dan tidak mengeluh.

  • Merawat Tali Pusar dengan Baik

Menjaga kebersihan tali pusar sangat penting, tali pusar juga harus dijaga supaya selalu kering. Jangan sampai terjadi infeksi pada tali pusar bayi karena kecerobohan orang tua yang dapat mengakibatkan hal yang butuk pada bayi.

  • Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi yang baru lahir jelas sangat sensitif terhadap apapun itu, oleh sebab itu orang tua wajib menjaga kebersihan pakaian dan lingkungan, serta sangat hati-hati bila menggunakan baby oil, bedak, atau peralatan bayi karena bisa menimbulkan alergi.

  • Merawat Rambut Bayi

Jaga selalu kebersihan kulit kepala dan rawat dengan baik rambut bayi anda, karena rambut adalah mahkota terutama bagi bayi perempuan. Gunakan daun seledri atau minyak kemiri untuk merangsang rambut supaya tumbuh lebat dan hitam. Menggunakan bahan alami tentu lebih aman.

  • Merawat Mata Bayi

Merawat mata bayi dapat dilakukan dengan membersihkan air mata setiap bayi habis menangis, perlu diketahui bahwa air mata yang keluar juga membawa kotoran dari dalam sehingga itu baik untuk membersihkan mata. Karena air mata itu mengandung kotoran maka perlu selalu dibersihkan setiap kali bayi menangis.

  • Merawat Hidung Bayi

Hidung merupakan alat vital untuk bernapas bayi, oleh karena itu bunda harus selalu mengecek dan memeriksa kebersihannya, jangan sampai ada kotoran yang menyumbat sistem pernapasan bayi, apalagi jika bayi sedang mengalami pilek, maka hidung harus selalu diperiksa kebersihannya.

  • Merawat Bokong Bayi

Bokong merupakan bagian yang paling sering lembab karena urine atau feses bayi, apalagi jika bayi sering memakai diapers. Oleh sebab itu bunda harus menjaga supaya kulit bokong bayi selalu bersih dan kering, jangan sampai terjadi iritasi atau infeksi. Perhatikan juga pemilihan diapers karena tidak semua merk diapers cocok dengan kulit bokong bayi bunda.

  • Merawat Kuku Bayi

Kuku bayi wajib dirawat supaya selalu pendek dan selalu bersih, mengapa? Jika kuku bayi sampai panjang maka itu bisa merusak kulit wajah karena bayi kerap mencakar-cakar wajahnya sendiri. Selain itu bayi juga sering sekali memasukkan jari tangan kemulutnya, sehingga wajib dijaga selalu kebersihan kuku dan tangannya.

  • Menjaga Kebersihan Pakaian

Menjaga kebersihan pakaian itu penting terutama untuk kesehatan kulit bayi yang sangat sensitif.

  • Menjaga Kebersihan Lingkungan

Jaga selalu kebersihan lingkungan dari mulai pakaian yang bayi gunakan, selimut, alas kasur, sampai dengan kebersihan udara. Usahakan udara selalu bersih dari asap rokok, asap dapur dan asap hasil bakaran sampah.

Pantangan atau Larangan Bayi Baru Lahir

pantangan bayi baru lahir
pantangan bayi baru lahir
  • Memberikan Air Putih

Bayi yang baru lahir jangan diberi air putih karena sistem pencernaanya belum siap, berikan hanya ASI saja.

  • Menggunakan Bedak

Bedak dapat mengganggu pernapasan, membuat kulit lembab dan kotor, sehingga sebaiknya hindari penggunaan bedak bayi.

  • Membalurkan Minyak Penghangat

Membalutkan minyak penghangat dalam kondisi cuaca yang sangat dingin mungkin diperlukan, tapi jika cuaca disekitar tidak cukup dingin maka sebaiknya tidak usah karena minyak juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

  • Memakaikan Sarung Tangan dan Kaki Sepanjang Hari

Sesaat saja perlu memakaikan sarung tangan dan kaki, tapi jangan sepanjang hari karena telapak tangan dan kaki bayi memerlukan rangsangan untuk saraf motoriknya, apabila sepanjang hari tertutup oleh sarung maka akan menghambat perkembangan sarafnya.

  • Menggunakan Popok Terus Menerus

Selalu perhatikan popok bayi karena bayi yang baru lahir sangat sering sekali pipis dan BAB, jangan sampai lupa menggantinya dengan yang baru.

Kebutuhan dan Kebiasaan Bayi Baru Lahir

Kebutuhan Bayi Baru Lahir
Kebutuhan Bayi Baru Lahir
  • Bayi baru lahir perlu menyusu tiap 1-2 jam

Bayi yang baru lahir terkadang belum merasakan haus atau lapas dan lebih banyak tidur, maka bunda wajib membangunkannya dan menyusuinya setiap 1-2 jam sekali supaya bayi tidak kuning dan dehidrasi.

  • Bayi baru lahir bisa tidur selama 16-18 jam sehari

Karena bayi lebih sering tidur maka bunda wajib membangunkanya untuk menyusui.

  • Bayi baru lahir akan sering gumoh atau muntah sedikit

Gumoh pada bayi yang baru lahir itu wajar karena sistem pencernaan bayi yang belum sempurna dan masih beradaptasi.

  • Bayi batu lahir butuh kehangatan

Bayi yang baru lahir membutuhkan kehangatan, oleh sabab itu bayi yang baru lahir dibedong supaya hangat dan bayi merasa nyaman.

Kemampuan Bayi Baru Lahir

kemampuan bayi baru lahir
kemampuan bayi baru lahir
  • Gerakan refleks

Salah satu refleks dari bayi adalah menangis saat terkejut atau merasa sakit, selain itu bayi bisa tiba-tiba meregangkan tangan dan kaki. Refleks pada bayi ini disebut sebagai refleks moro.

  • Mengisap ASI secara alami, bahkan saat tidur

Tidak ada yang mengajari tapi secara alami bayi bisa dengan sendirinya untuk mengisap ASI, ini salah satu keajaiban dari bayi. Bahkan sambil tidurpun bayi bisa sambil mengisap ASI.

  • Sudah mengenal banyak rasa sejak dalam kandungan

Bayi memiliki banyak sel pengecap dimana bayi mulai mencicipi makanan dari cairan ketuban sejak dalam rahim. Tapi meskipun memiliki banyak sel pengecap, bayi tidak bisa mendeteksi rasa asin atau garam sampai usia sekitar 5 bulan.

  • Bayi baru lahir belum memiliki lutut

Tempurung lutut bayi itu memiliki tekstur yang lembut dan lentur sampai tahun-tahun pertama usianya, sehingga saat digunakan untuk merangkat atau jatuh tidak terasa sakit berbeda dengan orang dewasa.

  • Bayi dapat menelan dan bernapas secara bersamaan

Salah satu kemampuan bayi yang luar biasa adalah kemampuan bayi dalam mengisap ASI, menelan dan bernapas, luar biasa bukan? Itulah salah satu kelebihan bayi yang merupakan berkat dari sang Maha Kuasa.

, , , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com