pentingya asuransi pendidikan
Jangan sampai anak putus sekolah
Jangan sampai anak putus sekolah

Mengapa Perlu Asuransi Pendidikan?

Asuransi Pendidikan Terbaik – Asuransi pendidikan bagi masyarakat menengah kebawah memang seperti masih sangat asing, jangankan asuransinya, pendidikannya pun terkadang masih dianggap bukan sesuatu yang harus diutamakan. Mereka lebih mengutamakan pekerjaan dan penghasilan daripada memikirkan pendidikan. Jadi pembahsan kita kali ini bagi yang peduli dan konsen terhadap pendidikan anak.

Pernah mendengar tentang asuransi pendidikan? Pernah ditawari ikut asuransi pendidikan? Atau ingin ikut asuransi pendidikan tapi masih ragu? Mari kita bahas lebih mendalam supaya menambah pengetahuan dan kemantaban pembaca tentang perlunya asuransi pendidikan.

Prinsip pertama yang harus kita pegang sebagai orang tua adalah tidak ada warisan yang lebih baik daripada ilmu dan pendidikan. Yang kedua yaitu kita tidak pernah tau sampai kapan kita sebagai orang tua mampu bekerja produktif, akankah selalu sehat, dan bahkan sampai usia berapa kita hidup. Jika anda adalah orang tua yang berpikiran sampai sejauh itu, maka asuransi pendidikan adalah solusinya.

Terbukti sampai sekarang bahwa biaya pendidikan masih menjadi sesuatu yang mahal di bangsa ini, tahun demi tahun biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan. Memang saat ini ada subsidi dari pemerintah, tapi bagaimana jika anda menginginkan sekolah swasta karena alasan kualitas atau alasan lain? Maka persiapkan masa depan pendidikan anak dengan menyisihkan penghasilan untuk ikut bergabung di asurandi pendidikan demi masa depan anak.

Keuntungan Asuransi Pendidikan

Beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika mengiktui asuransi pendidikan :

  1. Terbebas dari Inflasi
    Seperti yang sudah sedikit dibahas diatas bahwa setiap tahun biaya pendidikan semakin tinggi, inflasi disektor pendidikan bisa mencapai 15%, padahal kenaikan pendapatan orang tua belum tentu naik, bahkan bisa jadi mengalami penurunan.
    Oleh sebab itu apabila anak kita sudah tergabung dalam asuransi pendidikan, maka orang tua tidak perlu khawatir karena sistem pembayaran dalam asuransi itu flat, jadi kita terbebas dari inflasi.
  2. Memberikan Jaminan Masa Depan
    Maksdunya seperti ini, misal yang bekerja dalam satu tumah tangga adalah ayah, dan saat anda mengikuti asuransi maka penanggungnya adalah ayah tersebut. Jika kontrak asuransi pendidikan katakanlah sampai anak berusia 17 tahun, namun baru berjalan 3 atau 4 tahun kemudian terjadi hal buruk yang menimpa sang Ayah misalnya meninggal, maka keluarga tidak perlu lagi melanjutkan membayar iuran bulanan dan si anak akan tetap mendapat jaminan pendidikan dari asuransi tersebut.
    Bayangkan jika tanpa asuransi, maka bisa jadi si anak akan putus sekolah karena sang ayah yang merupakan tulang punggung keluarga sudah tiada. Itulah salah satu keuntungan yang paling penting dalam mengikuti asuransi pendidikan.
  3. Memberikan Rasa Tenang
    Karena adanya jaminan untuk masa depan pendidikan anak, maka setidaknya beban pikiran tentang bagaimana pendidikan anak kelak sudah tidak membebani dibenak orang tua, orang tua bisa lebih fokus bekerja.

Jenis Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi pendidikan cukup banyak, tapi setidaknya ada 2 yang paling populer saat ini yaitu :

  1. Dwiguna
    Jenis asuransi yang satu ini lebih mrip dengan tabungan berjangka, dimana asuransi akan menjamin biaya pendidikan anak bila nantinya terjadi sesuatu hal pada orang tua seperti meninggal atau cacat total, dimana anak akan mendapat uang tabungan yang dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu dan besaran jumlahnya sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.
  2. Unit Link
    Asuransi jenis ini merupakan gabungan antara layanan asuransi dan juga investasi, atau hampir mirip seperti reksa dana. Maksudnya yaitu premi yang diabayarkan setiap bulannya itu tidak hanya untuk pendidikan, tapi juga dikelolas menjadi produk investasi.
    Keuntungan dari investasi ini akan didapatkan ketika anak masuk SD, SMP, SMA dan Universitas, maka orang tua tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya karena sudah ada asuransi yang akan didapatkan. Dan saya pribadi juga termasuk pengguna asuransi pendidikan yang jenis ini.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

memilih asuransi pendidikan yang tepat
memilih asuransi pendidikan yang tepat

Perhatikan hal-hal berikut sebelum menggunakan layanan asuransi pendidikan :

  1. Pengalaman
  2. Informasi Jelas
  3. Terdaftar

Tiga hal tersebut harus benar-benar anda perhatikan apabila anda ingin atau ditawari untuk mengikuti layanan asuransi, jangan sampai tergiru oleh bujuk rayu sang marketing, iklan atau lain sebagainya. Cek di web resmi tentang kapan berdirinya perusahaan itu, cari informasi di internet dan teman, dan penting bahwa perusahaan itu juga tergabung dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

Asuransi Pendidikan Terbaik

Di Indonesia sangat banyak sekali provider yang menyediakan layanan asuransi, baik asuransi kesehatan atau asuransi pendidikan, berikut beberapa provider yang menurut kami terbaik namun kami urutkan secara acak, bukan berdasarkan yang paling baik :
• Asuransi Pendidikan BNI
Salah satu produk asuransi yang ditawarkan BNI adalah Bni Life. Dana pendidikan akan diberikan bertahap yaitu saat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Untuk persentase tiap jenjangnya dan lainya dapat anda baca di situs resmi BNi yaitu https://www.bni-life.co.id/id/product/individu/pendidikan
• Asuransi Pendidikan BRI
Di BRI juga menyediakan produk BRI Life yang untuk pendidikan, walaupun tidak dikelola langsung oleh BRI melainkan oleh anak perusahaanya yang bernama PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera, namun anda tidak perlu ragu karena nama besar BRI di Indonesia.
• Asuransi Pendidikan Mandiri
Salah satu produk andalan Mandiri adalah Mandiri Sejahtera Cerdas. Anda juga tidak perlu ragu dengan perusahaat ini karena Mandiri merupakan perusahaan finansial besar di Indonesia. Tentang sistemnya bisa anda cari informasinya karena pasti ada perubahan dan perkembangan setiap waktunya.
• Asuransi Pendidikan Manulife
Salah satu produk yang ditawarkan Manulife adalah Manulife Education Protector yang jenisnya unit link. Untuk syarat dan lebih detailnya anda bisa membaca di https://www.manulife.co.id/.
• Asuransi pendidikan Prudential
Prudential memang perusahaan besar dalam bidang asuransi, Prudential juga memiliki produk asuransi pendidikan yaitu PRUlink Edu Protection yang merupakan produk asuransi pendidikan andalan mereka. Untuk lebih detail anda bisa mengunjungi situs resminya yaitu https://www.prudential.co.id/id/

Berikut sedikit penjelasan tentang Asuransi Pendidikan di Indonesia, semoga menambah pengetahuan dan kemantaban semua pembaca khususnya orang tua untuk mengutamakan masa depan pendidikan anak. Tentu masih banyak perusahaan atau provider lain yang menyediakan layanan asuransi pendidikan, dan yang tidak kami muat bukan berati tidak baik, hanya keterbatasan dari saja sehingga kami hanya memuat 5 saja. Dilain kesempatan akan kita bahas lebih banyak lagi mengenai asuransi pendidikan ini. Salam pendidikan.

, , , , ,
Latest Posts from Kompanesia.com