Ibu Menyusui

ASI terlalu Berlimpah – Berbicara soal ASI maka tak bisa lepas dari Dua hal yaitu Kualitas dan Kuantitas. Syarat ASI yang baik harus memenuhi kedua syarat tersebut. Secara kualitas bisa dibedakan menjadi dua yaitu ASI yang encer dan ASi yang Kental. Sedangkan secara Kuantitas jelas ada yang sedikit dan ada yang berlimpah.

ASI Encer

ASI Encer diakhir masa kehamilan atau ketika baru saja melahirkan itu biasa, karena saat itu ASI mengandung Kolostrum yang merupakan Vaksin alami terbaik untuk antibodi dan daya tahan si Bayi. Warnanya kuning dan sangat tinggi kandungan laktosanya, selain itu sangat mudah dicern akarena sangat rendah lemak.

Tapi jika ASI terus-terusan encer, itu mungkin menandakan adanya masalah pada ASI Bunda. Apakah ASI Encer berbahaya ? tentu saja tidak, ASI tetap merupakan makanan paling aman bagi Si Bayi. ASI Encer sebenarnya hanya disebabkan karena kandungan lemak yang rendah, sehinggu solusinya adalah Bunda harus lebih banyak makan-makanan berlemak yang sehat agar ASI bisa lebih kental.

ASI Kental

ASI Kental apakah baik ? tergantung dari kadar kekentalanya. Jika ASI terlalu kental, itu menandakan Bunda terlalu banyak makan-makanan berlemak. Maka bunda harus lebih banyak makan sayur dan buah-buah an supaya ASI kembali normal.

Perlu diwaspadai bila ASI terlalu kental maka lebih susah untuk keluar, gampang tersumbat atau membeku dan mengeras di dalam Payudara. Jangan lupa juga untuk lebih banyak minum air putih.

Baca Juga : Hanya memberi ASI pada Bayi, Cukupkah?

ASI Sedikit

Jika bunda memiliki jumlah ASI yang sedikit, ini merupakan masalah terberat sebagai seorang Ibu yang sedang menyusui dan ingin memberikan ASI Eksklusif buat Si Bayi. Tapi Bunda tidak perlu bersedih, karena stress justru hanya akan membuat jumlah ASI semakin menurun.

Perlu upaya lebih untuk meningkatkan jumlah ASI, yaitu dengan memperbanyak makan dan minum, makan kacang-kacangan, sayur, buah, ASI Booster dan jika perlu jamu. Jamu tradisional juga diyakini banyak membantu dalam meningkatkan jumlah ASI.

ASI Banyak atau Berlimpah

Apakah Bunda tergolong memiliki ASI banyak dan berlimpah ? jika iya maka bersyukurlah, karena banyak sekali Bunda yang menginginkanya. Lalu bagaimana jika ASI terlalu berlimpah, bahkan sampai keluar sendiri saat tidak sedang diminum oleh Si Bayi ? Tentunya banyak diantara Bunda yang merasa malu, jika sampai pakaian dibagian dada sampai basah, apalagi kalau Bunda sedang ada acara bertemu orang banyak, atau harus bertugas dalam pekerjaan.

Tapi tak perlu malu dan sedih Bunda, itu bukan musibah. Itu adalah anugerah karena itu tandanya kebutuhan ASI si bayi dapat tercukupi. Bunda bisa melakukan ASI Perah untuk disimpan di Freezer, bahkan Bunda juga dapat menyumbangkanya ke teman atau saudara yang memiliki ASI sedikit. Bukan kan itu Berkah?

Jadi bersyukurlah bagi Bunda yang memiliki ASI berlimpah, tapi tetap harus menjaga kualitas nya dengan tetap makan makanan yang sehat dan tepat untuk Ibu menyusui.

, , , , , , , , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com