Asi Eksklusif
Perertian Asi Eksklusif
Perertian Asi Eksklusif

Pengertian ASI Eksklusif

ASI Eksklusif yaitu pemberian Air Susu Ibu kepada bayi yang baru lahir sampai 6 bulan pertama usia kelahiran bayi. Hanya ASI ya bunda, bukan yang lain. Termasuk pemberian air putih, air gula, madu apalagi teh pun dilarang dalam masa ASI Eksklusif ini.

Bagaimana dengan pemberian susu formula di masa ASI Ekslusif ini? Pertanyaan ini sering muncul di kalangan ibu yang baru melahirkan. Tapi dengan tegas ditegaskan lagi bahwa berikan hanya ASI saja, bukan yang lain termasuk susu formula. Karena hanya ASI lah makanan yang paling tepat dan aman bagi bayi.

Baca Juga : Cara Memperbanyak ASI Alami Setelah Melahirkan

Penjelasan Tentang ASI Eksklusif

Mengapa harus ASI Eksklusif? Pertanyaan ini juga sangat sering muncul dikalangan para bunda paska melahirkan. Harus bunda ketahui bahwa pemberia ASI Eksklusif itu adalah sebuah kewajiban yang bukan hanya kewajiban moral seorang ibu kepada anaknya, tapi juga kewajiban secara undang-undang.

Pada Peraturan Pemerintah Pasal 6 Nomor 33 Tahun 2012 berbunyi : “ Setiap ibu yang melahirkan harus memberikan ASI eksklusif kepada bayi yang dilahirkannya“. Tuh kan bunda, disitu jelas tertulis kata HARUS yang artinya bunda wajib memberikan ASI Eksklusif kepada si buah hati. Peraturan tersebut tentunya berdasarkan anjuran dari WHO yang bertanggung jawab atas kesehatan manusia di seluruh dunia, termasuk bayi yang baru lahir.

Mengapa harus 6 bulan? Harus bunda sadari bahwa bayi yang baru lahir itu masih sangat lemah, sistem kerja organ dalam tubuhnya juga belum bekerja sempurna terutama pada sistem dan enzim pencernaanya. Membutuhkan waktu bagi bayi untuk bisa mampu mencerna asupan makanan dari luar, dan itupun harus dilakukan bertahap. Dalam masa 6 bulan ini hanya ASI lah yang dapat dicerna oleh sistem pencernaan bayi.

Baca Juga : Hanya memberi ASI pada Bayi, Cukupkah?

Manfaat ASI Eksklusif

Manfaat ASI Eksklusif
Manfaat ASI Eksklusif

Berbicara manfaat ASI Eksklusif berati kita berbicara tentang sebuah keajaiban dari Sang Pencipta, karena sampai saat ini secanggih apapun penelitian dan penemuan, belum ada yang bisa menggantikan manfaat ASI Eksklusif.

  • Daya Tahan Tubuh

Manfaat ini yang tidak bisa didapatkan dari minuman, nutrisi atau susu formula semahal apapun harganya. Sudah terbukti bahwa bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat sampai bayi dewasa.

Baca Juga : ASI terlalu Berlimpah, Berkah atau Musibah?

  • Mencegah Alergi pada bayi.

Sekali lagi karena sistem kerja organ terutama pencernaan bayi belum sempurna, maka pemberian selain ASI seperti susu formula, susu sapi, atau susu kedelai pada bayi cenderung membuat bayi mengalami reaksi alergi.

  • Meningkatkan Kecerdasan Bayi.

Pemberian ASI terbukti lebih dapat meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Apalagi jika bunda juga mengkonsumsi makanan yang berkualitas selama menyusui, maka kualitas ASI pun akan sangat baik. Jadi wajib bagi bunda yang melakukan ASI Eksklusif untuk makan-makanan bergizi dan minum air putih yang banyak agar kualitas ASI menjadi baik.

Baca Juga : Cara Menyimpan ASI yang Benar di Kulkas maupun Tanpa Kulkas

  • Menjaga Berat Ideal Bayi.

ASI eksklusif dapat menurunkan risikonya untuk mengalami obesitas saat ia remaja atau dewasa. Ini dikarenakan kandungan nutrisi pada ASI sangat tepat untuk membantu sistem perkembangan otak dan tubuh bayi.

  • Menguatkan Tulang

Bayi yang diberikan ASI Ekslusif akan memiliki perkembangan tulang yang jauh lebih baik dan lebih cepat. Ini dapat dilihat dari cepatnya bayi bisa tengkurap, mengangkat leher, belajar duduk sampai bisa berjalan.

  • Memperkuat Kedekatan Ibu dan Bayi

Pelukan hangat seorang ibu kepada bayi saat menyusui adalah komunikasi terbaik yang dapat menjaga kedekatan batin dan emosi antara ibu dan bayi.

  • ASI Eksklusif merupakan KB Alami

Selama menyusui, ovulasi akan mengalami penghambatan. Oleh karena itu selama masa ini merupakan masa KB Alami bagi bunda, jadi bunda tidak perlu cepat-cepat melakukan KB.

  • Cepat Menormalkan Berat Badan Bunda

Menyusui itu terbuti sangat membakar kalori, sehingga semakin sering bunda menyusui, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar dan ini akan membantu bunda ke berat badan ideal paska melahrikan.

  • Hemat

Manfaat yang tak kalah pentingnya yaitu Hemat. Bayangkan jika kita harus membeli susu formula, selain harus membeli susu dengan harga mahal, bunda juga harus membeli perlengkapan lain seperti botol, pembersih botol dan termos air panas. Selain mahal, pemberian susu formula juga merepotkan karena bunda benar-benar harus menjaga kebersihan peralatan menyusui yang digunaka. Dan yang terpenting lagi bahwa manfaatnya tidak akan lebih baik dibanding ASI Eksklusif.

Masa Berlaku ASI Eksklusif

Bagi bunda yang dituntut harus segera bekerja karena tugas pekerjaan dan tanggung jawab namun tetap ingin memberikan ASI Eksklusif, maka bunda tak perlu khawatir, yang paling penting bunda memiliki niat, tekad dan semangat bahwa bunda mampu memberikan ASI Eksklusif walaupun sambil bekerja. Untuk mengatasinya bunda dapat melakukan ASI Perah, asal dilakukan dengan baik dan benar maka ASI Ekslusif pasti akan berhasil. Untuk cara menyimpan ASI Perah dan masa Berlakunya pernah kami bahas dan dapat bunda baca disini.

, , , , , , , , ,
Artikel Populer Lainya
Latest Posts from Kompanesia.com