Adobe illustrator vs CorelDraw

Adobe illustrator vs coreldraw adalah dua aplikasi/tool/program yang sering digunakan untuk menggambar dan mengedit gambar vektor seperti logo, stampel dan banner. Keduanya sama-sama terkenal dan populer dikalangan designer baik Indonesia maupun Dunia. Keduanya juga bersaing untuk menjadi yang terbaik dan menjadi yang paling populer.

Banyak orang yang membanding-bandingkan dua program terkemuka tersebut, dan tentunya banyak yang berpendapat subjektif. Tentunya akan banyak perbedaan pendapat dari masing-masing pengguna, dan tentu ini bisa membuat bingung bagi pemula yang ingin belajar design. Oleh sebab itu saat ini kami akan memberikan pandangan dan pendapat tentang kedua program tersebut sehingga dapat membantu anda menentukan program mana yang akan anda pakai.

Adobe illustrator vs CorelDraw: Menguasai Keduanya itu Penting.

Adobe illustrator vs CorelDraw: Mana yang Lebih Baik?
Adobe illustrator vs CorelDraw: Mana yang Lebih Baik?

Sebelum membahas tentang antara Adobe illustrator vs coreldraw man yang lebih baik, pertama yang harus kita ingat dan pahami bahwa keduanya hanyalah sebuah tools, artinya disini bahwa peran kita sebagai user adalah hal yang paling penting untuk menghasilkan sebuah gambar design yang bagus. Sehebat apapun tools yang kita pakai, tapi jika imaginasi, kreatifitas, skill atau kemampuan kita sangat rendah, maka akan sangat sulit untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus.

Jadi bagi para pemula, yang terlebih dahulu harus anda pikirkan adalah bakat anda, kemampuan anda, semangat anda dan kemauan anda untuk belajar terlebih dahulu. Jika memang anda merasa design adalah hobi anda, dunia anda, dan anda yakin akan mampu menghasilkan karya lewat design, maka saran kami untuk langkah selanjutnya adalah cobalah kedua program tersebut, mengapa?

Sebagai seorang designer, apalagi freelance designer, anda tidak boleh terlalu fanatik dengan satu tool saja. Setidaknya anda harus tahu dan mengerti akan kedua program tersebut, baik Adobe Ilustrator maupun CorelDraw karena anda tidak akan pernah tahu bahwa jika anda sudah mahir kelak, orang atau client yang akan menggunakan jasa anda meminta gambar menggunakan program yang mana, atau saat anda bekerja pun anda terkadang dituntut untuk menggunakan salah satu program tertentu. Oleh karena itu menguasai kedua program tersebut, atau setidaknya sedikit paham tentang salah satunya adalah sangat penting.

Jika anda sudah mencoba keduanya, maka tahap berikutnya anda bisa mempertimbangkan untuk menekuni salah satunya lebih dalam lagi. Ketika disaat ini, anda baru akan memilih tools mana yang sebaiknya anda tekuni. Kenyamanan tentu menjadi pertimbangan pertama. Jika anda sudah nyaman menggunakan salah satunya, maka teruskanlah menggunakanya. Tapi, jika anda merasa sama-sama nyaman menggunakan keduanya, maka kami akan memberikan sedikir pertimbangan.

Adobe illustrator vs CorelDraw: Mana yang Lebih Baik?

Adobe Ilunstrator merupakan produk dari Adobe, dimana kita tahu bahwa Adobe juga memproduksi produk-produk terkenal lainya seperti Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Adobe Premiere Pro, dll. Sistem integrasi tentunya sangat penting menjadi pertimbangan, mengapa? Karena sebagai designer, anda pasti tidak cukup menggunakan satu tool saja. Anda membutuhkan program lain untuk menyempurnakah hasil karya anda. Disinilah Adobe Ilustrator lebih unggul karena memiliki sistem integrasi dengan produk-produk Adobe lainya dengan lebih baik.

Apakah dari CorelDraw tidak bisa terintegrasi dengan produk Adobe lainya? Jawabanya Bisa, hanya saja hasilnya tidak sempurna dibanding dengan jika sama-sama menggunakan produk Adobe. Misal saja, saat anda membuat sebuah projek di CorelDraw, kemudian file disimpan dalam format (.Ai), maka saat anda import menggunakan program Adobe Ilustrator atau Adobe After Effect, maka hasilnya akan berantakan dan tidak sesuai dengan apa yang suah anda lakukan.

Jadi kesimpulanya, kedua program baik Adobe Ilustrator maupun CorelDraw adalah program yang sama baiknya. Kemampuan kita dan kebutuhan/permintaan client adalah yang lebih utama. Namun, dari sisi integrasi, Adobe Ilustrator lebih unggul karena merupakan produk dari Adobe. Semoga bermanfaat.

, , ,
Latest Posts from Kompanesia.com